google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Berbagi Nasi Jogja Ajak Pelajar Peduli Terhadap Sesama - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Berbagi Nasi Jogja Ajak Pelajar Peduli Terhadap Sesama

Banyak komunitas bermunculan di Yogyakarta. Mulai dari komunitas tentang hobi yang sama, ataupun komunitas yang sifatnya hanya bersenang-senang. Adapun komunitas dalam bentuk bakti sosial, salah satunya komunitas Berbagi Nasi Jogja. Berbagi Nasi Jogja merupakan komunitas yang membagikan nasi kepada para tukang becak, tukang panggul, gelandangan, pekerja malam yang biasanya tidur beralaskan bumi dan beratapkan langit.
.
Foto : Dhea
Kalau untuk kegiatannya sendiri dilakukan setiap Jum’at malam sekitar jam 10 malam, kadang selesai sampai 01.00 WIB Dini hari. Sebelum kami membagikan nasi dan makanan yang telah dipersiapkan kami berkumpul di depan Hi-Lab Center , Kridosono,” kata salah satu siswi MAN 1 Wonokromo, salah satu anggota Berbagi Nasi Jogja, yang tidak ingin disebutkan namannya.
Selama menjadi anggota Berbagi Nasi Jogja, Ia merasa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman. Meskipun ada sisi tidak enaknya, yaitu karena dilakukan di malam hari. Awal mengikuti komunitas ini, Ia sempat tidak direstui oleh kedua orangtua dikarenakan mengurangi jam istirahat malam dan angin malam yang berbahaya untuk pelajar. Kendala ini tidak dijadikan masalah oleh siswi MAN 1 Wonokromo. Baginya kegiatan ini positif dan sesuai dengan keinginannya sendiri tanpa intervensi dari oranglain. Berbeda dengan Rudi, siswa dari MAN 1 Wonokromo. Menurutnya, berbagi tidak harus mengikuti sebuah komunitas., bisa dilakukan sendiri, semampunya.
Menurut Ardi, siswa dari SMKN 1 Imogiri, Komunitas Berbagi Nasi Jogja adalah komunitas yang menginspiratif. Baginya, saling berbagi kepada sesama itu tidak harus menunggu hidup serba kecukupan, tetapi berdasarkan dari ketulusan hati dan keikhlasan, tidak mengharap pujian dari orang lain. Pendapat ini pun diiyakan oleh pelajar dari siswi SMKN 6 Yogyakarta, Dewi Alfiani.

Aksi sosial memang menarik bagi mereka yang memiliki jiwa di sana. Salah satunya juga di rasakan siswa dari SMF, jurusan Farmasi, Muhammad Syahrul yang  mengikuti kegiatan bakti sosial. Kendala terbesar baginya adalah mengajak teman-temannya. “Karena hal ini berkaitan dengan kesadaran hati nurani,” tambahnya. Meskipun demikian, Syahrul memiliki trik lain mengajak mereka, yaitu dengan menceritakan setiap kegiatan dan pengalaman menarik kepada mereka. Harapannya mereka tertarik untuk bergabung. (Dhea, Elisa)
Berbagi Nasi Jogja Ajak Pelajar Peduli Terhadap Sesama Berbagi Nasi Jogja Ajak Pelajar Peduli Terhadap Sesama Reviewed by Elisa ELisa on Wednesday, February 15, 2017 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.