google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Puncak Bucu : Suguhkan Panorama Alam - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Puncak Bucu : Suguhkan Panorama Alam

Bukit Bucu dicanangkan sebagai objek wisata alam di Bantul. Lokasinya berada di perbatasan desa Kaligatuk dan Ngelosari, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Belakangan ini tempat ini santer tersebar di media sosial sebagai wisata alternatif yang sudah banyak dikunjungi. Hal ini dibenarkan oleh Pak Supri, Kepala Wilayah Kaligatuk. Meski belum dibuka secara resmi, sudah banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini. Selain sebagai tempat untuk berlibur, bukit Bucu sering dimanfaatkan para goeser sebagai tujuan bersepeda juga lo.
Foto : Elisa
Siapa yang mengira bukit yang berada di atas bebatuan ini dahulunya disinggahi hewan-hewan langka. Mulai dari berbagai jenis burung langka sampai binatang buas seperti Harimau. Pak Supri, menuturkan bahwa Bukit Bucu masih dalam tahap pengembangan sebagai tempat wisata alternatif. Hingga detik ini, Bukit Bucu juga sering dimanfaatkan sebagai tempat berkemah pelajar hingga Mahasiswa. Tidak hanya itu, sekitar bulan Februari 2016 yang lalu dilakukan penghijauan bersama Bupati Bantul. Sebagai wisata yang tergolong masih perawan,  akses menuju bukit Bucu masih kurang bagus. terutama ketika musim hujan, jalanan menuju titik lokasi licin. Meskipun demikian, pemandangan yang ditawarkan tidak jauh keren dari pemandangan di Watu Amben, Dlingo dan bukit bintang.
Ketika sore hari, cuaca cerah. Warga sekitar sering menghabiskan sore mereka menikmati senja. Berbeda dengan kesempataan waktu itu ke sana. Suasana gerimis. Saya ditemani keempat teman saya mendatangi Bukit Bucu ketika turun hujan. karena hujan, menuju ke puncak bucu harus melewati tanjakan berbatu yang licin. Sepanjang perjalanan mendaki bebatuan berundak dan bertembokan bebatuan cadas berlumur menjadi pemandangan khas. Rerumputan liar di kanan kiri kita juga memperlihat masih banyak hewan melata, gambaran kekayaan Alam tanah Jawa. Tampak pula satu dua petani juga terlihat merawat tanaman palawija. Ada pula yang memanggul rerumputan segar di pundak untuk hewan ternaknya.

Bau tanah selepas hujan dan dingin karena guyuran hujan, semakin membuat saya ingin segera sampai puncak. Setelah perjalanan sekitar 10 menit, sampailah saya di puncak buju. Di puncak, geremis mulai reda. Tampak pemandangan terlihat segar. Di arah Barat, tampak persawahan Srimulyo terhampar luas. Terlihat pula di sisi Utara, Gunung Merapi bertengger gagah berselimut kabut. Saya dan teman-teman saya menyempat mengambil moment ini. Di sisi Timur, terlihat kabut tipis berarak pergi.  Tepat di atas batu kami berdiri, mengabadikan moment, terjadi kejadian menarik. dimana, dua teman saya rambut temannya berdiri seperti tertarik oleh mahnet. Entah itu efek batu yang kita pijak mengandung Mahnet atau apa, ketika saya konfirmasi ke Pak Supri, beliau belum bisa memastikan kandungan bebatuan di Bukit Bucu.
Menikmati pemandangan di Bucu selepas hujan (Foto : Elisa)
Bukit yang masih termasuk Tanah Sultan Ground, berdasarkan penutur pak Supri akan dijadikan sebagai rute wisata alam di Srimulyo, Bantul. “Jadi, wacananya pasar piyungan lawas itu akan dijadikan sebagai tempat berkumpulnya wisatawan. Rutenya nanti dari Watu Amben, Hargodumilah sampai wisata religi Sunan Geseng di arahkan ke Bucu dan Kali Bulan,” tukasnya.
Wacana tersebut masih membutuhkan waktu yang panjang. Karena fokus pemerintah desa Srimulyo saat ini akan membenahi akses jalanan yang rusak terlebih dahulu. Nah, bagi yang suka tantangan, tidak ada salahnya mendatangi tempat ini sambil goes. Berdasarkan pantauan, Bucu semakin terlihat cantik. Terlihat mulai di bangun pembatas pengamanan dan Icon bertuliskan “Bukit Bucu”. Apapun bentuk wisata yang kita datangi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan dan tetap menjaga kebersihan dan jangan merusaknya. (Elisa)


Diterbitkan, Tabloid Remaja BIAS, Edisi 2 | Th. XXI | 2016
Puncak Bucu : Suguhkan Panorama Alam Puncak Bucu : Suguhkan Panorama Alam Reviewed by Elisa ELisa on Saturday, November 05, 2016 Rating: 5

2 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata alam
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai wisata alam yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar wisata alam

    ReplyDelete
  2. Indonesia memang kaya akan wisata dan destinasi yang sangat menarik bahkan wajib dikunjungi.
    Temukan juga di situs ini untuk mengetahui wisata-wisata lain yang ada di indonesia.
    Pariwisata Gunadarma

    ReplyDelete

Sahabat

Powered by Blogger.