google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html De Arca Statue Art Museum : Bersanding dengan Tokoh Fenomenal - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

De Arca Statue Art Museum : Bersanding dengan Tokoh Fenomenal

Ingin melihat dan berfoto dengan tokoh-tokoh terkenal dunia? Ingin merasakan sensasi bersanding dengan figur-figur fenomenal seperti di Madame Tussaud? Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri hingga menghabiskan banyak biaya, di Indonesia, tepatnya di Kota Yogyakarta pun ada tempat yang tidak kalah serunya dengan museum lilin tersebut.
De Arca Statue Art yang berada di kompleks perbelanjaan XT Square, Jalan Veteran, Umbul Harjo, Yogyakarta, merupakan wahana wisata museum patung yang terbesar dan pertama di Indonesia. Museum ini menyuguhkan patung-patung yang dibuat begitu presisi hingga terlihat sangat nyata.
Berbeda dengan Madame Tussaund, patung-patung yang dipampang di De Arca tidak dibuat dengan lilin, melainkan fiber. “Kami menggunakan fiber karena lilin masih cukup mahal, agar kami juga bisa menjangkau semua kalangan. Dan kami juga menyesuaikan iklim di Indonesia yang panas,” ungkap Warli, marketing Museum De Arca. Museum yang beroperasi sejak 22 Desember 2014 ini telah memiliki sekitar 52 koleksi patung, mulai dari tokoh sejarah nasional, figur-figur inspirasional dunia, bintang-bintang mancanegara, dan karakter film lain seperti Frodo Baggins the Hobbits, Jack Sparrow, dan sang penyihir Gandalf ada di sini. Sehingga mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua pun bisa menikmatinya.
Museum yang diprakarsai dan didirikan oleh FX. Petrus Kusuma ini buka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 10.000 -20.00 WIB, dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 50.000. Hari Senin sampai Kamis ada program Happy Hour mulai dari jam 10.00 -15.00 WIB, pengunjung hanya membayar Rp. 35.000,- saja. Namun itu tidak berlaku pada libur nasional. Bagi yang berulang tahun pada tanggal kunjungan akan mendapatkan tiket gratis. Karena De Arca berada satu kompleks dengan De Mata, yang juga idmiliki oleh orang yang sama, tersedia tiket terusan yang jauh lebih ekonomis, cukup dengan Rp 75.000,- kedua museum tersebut dengan leluasa dijelajah.
Konsep yang diusung De Arca adalah Edu Fun. Pengunjung dapat berfoto ria sekaligus bisa mempelajari latar belakang dari tokoh-tokoh kontroversional yang disajikan, karena tidak sembrangan tokoh yang dipampang di sini. Memasuki museum, pengunjung akan langsung dipertemukan dengan patung Spiderman yang menjadi ikon tempat ini, sedang duduk di atas bola dunia memakai jarik dan blangkon. Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam sejarah tokoh-tokoh di dalam museum, tenang saja, akan ada guide yang selalu siap membantu menjelaskan.

Belum genap satu tahun beroperasi, namun rata-rata pengunung De Arca yang datang per harinya cukup ramai, sekitar 300 orang, jika weekend museum ini mampu menarik kurang lebih 1.000 pengunjung, dan akan membludak saat libur panjang. Menariknya lagi, semua patung yang di tampilakn di De Arca merupakan karya asli anak bangsa, dikerjakan langsung oleh seniman lokal Yogyakarta. Patung-patung tersebut pun akan selalu mendapatkan pengecekan dan perawatan berkala. Karena kenyamanan konsumenlah yang menjadi tujuan utama.

Rencanannya De Arca akan membuka cabang di beberapa kota besar lain di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, dan Semarang. Sudah ada sekitar 20 patung yang akan ditambahkan ke daftar koleksi museum, beberapa adalah Jokowi, Habibie, Ahok, Lady Gaga, Taylor Swift. Bahkan Mr. Bean dan Harry Potter pun ikut antre ingin segera bertemu pengujung De Arca. (Elisa & Adhisti)

Diterbitkan di Tabloid BIAS
Edisi 02/2015
De Arca Statue Art Museum : Bersanding dengan Tokoh Fenomenal De Arca Statue Art Museum : Bersanding dengan Tokoh Fenomenal Reviewed by Elisa ELisa on Sunday, November 29, 2015 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.