google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html BEKERJA ITU SEDERHANA DAN MUDAH, SEMUDAH DAN SESEDERHANA PIKIRAN KITA - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

BEKERJA ITU SEDERHANA DAN MUDAH, SEMUDAH DAN SESEDERHANA PIKIRAN KITA



Belakangan menarik bagi saya mengamat dan memikirkan issu tentang dunia pekerjaan. Beberapa jam yang lalu, saya menjenguk salah teman SMK saya, karena ayahnya sedang mengalami musabah. Menarik membicarakan teman saya ini. Teman saya lulusan SMK jurusan akuntansi, ia tidak kuliah karena tidak berkesempatan kuliah. Namun, kuliah atau tidak kuliah, bagi saya tidak menjamin kepandaian dan sudut pandang seseorang rendah atau tidak.
Teman saya memiliki sudut pandang yang menarik bagi saya. Bisa dibilang pemikiran yang diluar kotak. Meskipun tidak berpendidikan, ia memiliki potensi berfikir setara seorang mahasiswa. Ups, berbicara soal ilmu pengetahuan mahasiswa, seperti apa sih? Bukankah sebatas bidang yang ditekuni saja? Berarti mereka yang tidak kuliah juga dong. Mereka juga memiliki bidang yang mereka tekuni, hanya beda bidangnya saja. Sama halnya, saya menekuni dunia psikologis, kamu kimia, sastra. Sedangkan mereka yang tidak kuliah menguasai bidang yang lain. Sama juga sebenarnya, kita tidak menguasai bidangnya, dan dia tidak menguasai bidang kita. Hanya itu saya rasa.
Kembali focus ke teman saya. Saya selalu mempertanyakan, kenapa banyak orang yang terlalu focus mencari kerja sesuai dengan lulusan tertingginya? Kenapa banyak orang yang gengsi untuk menurunkan standar kita di awal, dan pelan-pelan merangkak ke atas. Kenapa banyak orang yang terlanjur gengsi dan ingin langsung berada ke taraf kelas menengah atas, dan sulit sekali memulai dari bawah. Bukan cara ini justru memberikan kesempatan bagi mereka yang menerima apa adannya potensi mereka dengan menerima dari bagian bawah, dan memberikan kesempatan kepada mereka yang lulusan bawah, tetapi memiliki motivasi berprestasi yang baik, sehingga mampu mencapai di titik tertinggi?! Apakah setolol itu pemikiran kita, padahal begitu sederhana hidup ini.
Seperti teman saya yang lulusan SMK, dia awalnya orang biasa yang sama sulitnya mendapatkan pekerjaan, sama sulitnya masuk dunia kerja. Bedanya, ia rela memulai dari awal. Sampai pada satu titik, perlahan-lahan ia bisa naik ke level setara dengan lulusan Perguruan Tinggi, dengan gaji yang sama juga.

Kebanyakan orang, termasuk saya, selalu silau dengan kesuksesan dan zona nyaman seseorang. Kebanyakan orang tidak melihat tingkat kesulitan awal yang dilaluinya. Yah, dunia kerja itu memang seni hidup untuk kita takhlukan. Begitu sulitnya mendapatkan kerja, seiring sejalan dengan tingkat kerumitan kita berfikir juga. Semakin kita rumit melihat ke atas, semakin sulit kita mencapai titik yang kita capai. Semakin menyederhanakan pikiran kita, semakin mudah kita mendapatkan pekerjaan.

BEKERJA ITU SEDERHANA DAN MUDAH, SEMUDAH DAN SESEDERHANA PIKIRAN KITA BEKERJA ITU SEDERHANA DAN MUDAH, SEMUDAH DAN SESEDERHANA PIKIRAN KITA Reviewed by Elisa ELisa on Saturday, May 16, 2015 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.