google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Alasan Belanda Takut Menguasai Kerajaan - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Alasan Belanda Takut Menguasai Kerajaan



Foto : Elisa
Dari Sabang sampai Merauke merupakan salah satu wilayah yang dilirik oleh Belanda karena kekayaan Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, ada beberapa titik yang tidak berani Belanda monopoli. Yaitu kawasan Kerajaan. Seperti yang kita tahu, banyak kerajaan pada waktu dahulu. Tantangan inilah yang memotivasi Belanda ingin menguasai kerajaan diberbagai titik. Belanda ingin menahlukannya.
Belanda Takut Dengan Kerajaan
Kekuataan yang dimiliki oleh kerajaan, ternyata membuat Belanda tidak bisa berkutik. Belanda tidak bisa memasuki daerah kekuasaan kerajaan karena kekuasaan kerajaan memiliki kekuatan yang tidak pernah bisa ditembus oleh para penjajah. Kerajaan-kerajaan tersebut adalah kerajaan Ngayogyakarta, Aceh dan Demak. Belanda hanya bisa sebatas kerjasama saja.
Sebagai salah satu gambaran kecil Belanda tidak mampu memasuki kawasan Kerajaan adalah berdirinya bangunan Benteng Vrendebrug. Benteng ini adalah bangunan Belanda yang berfungsi sebagai tempat pengintai dan tempat penyerangan. Namun, usaha Belanda selalu gagal. Bahkan, ada meriam di Benteng yang sampai saat ini masih terawat bagus. Itulah kenapa beberapa titik yang dekat dengan kerajaan selalu lebih aman. Mungkin itu sebabnya Ibu Kota Indonesia pernah bertempat di Yogyakarta, yang dekat dengan kerajaan Ngayogyakarta.
Selain ingin menguasai kerajaan, Belanda ingin menguasai pelabuhan. Karena Indonesia sebagian besar adalah dekat dengan pesisir. Alasan Belanda melirik dekat pesisir karena memudahkan transportasi mereka yang masih menggunakan kapal untuk pengangkutan maupun melakukan transit. Bahkan, beberapa titik pelabuhan juga menjadi incaran mereka, guna memuluskan usaha mereka untuk melakukan penyelundupan rempah-rempah.
Belanda Ingin Menguasai Pelabuhan
Ait, pada jaman dahulu, pelabuhan menjadi jalur transportasi antar negara yang strategis. Keculasan berfikir Belanda demi menyelendupkan rempah-rempah sukses membodohi kaum pribumi yang masih mudah dibodohi. Sehingga, Belanda mampu memonopoli perdagangan pada waktu itu. Tingkat intelektual para pribumi yang masih jauh dari layak, sengaja dibodohi Belanda. Jadi, kaum pribumi disuruh bekerja, diperas tenaganya untuk bekerja dengan upah yang minim, keuntungannya sebanyak-banyaknya untuk belanda. Tidak heran jika waktu itu, kaum prbum banyak yang meninggal akibat kelaparan. Semua hasil bumi dikuasai oleh Belanda.

Becik ketitik, ala ketoro. Sing apik bakal mulyo, sing olo bakal ciloko.  Setelah bertahun-tahun di jajah Belanda, tepatnya selama 300 tahun lamannya, namun ada pula yang mengatakan selama 350 tahun. Pada 9 Maret 1942 pagi Belanda menyerah atas Indonesia. Belanda menyerahkan Indonesia ke tangan Jepang. Disinilah Belanda tidak lagi menjajah Indonesia. Gilirannya Jepang yang menjajah Indonesia.
Alasan Belanda Takut Menguasai Kerajaan Alasan Belanda Takut Menguasai Kerajaan Reviewed by Elisa ELisa on Monday, March 02, 2015 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.