Sensasi Es Goreng Legend Jogja

 Es potong goreng merupakan salah satu kudapan yang tidak bisa ditolak oleh banyak orang karena selain menyegarkan, es potonggoreng juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.Kalau lihat tampilan es potong goreng, pasti Anda inget zaman dulu. Es potong ini punya aneka rasa yang cukup bervariasi. Makin enak dicelup dengan saus cokelat. Pak Gatot(44)penjualespotonggoreng sudah berjualan selama 25 tahun, ia bercerita bahwa es buatannya terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan cara pembuatan yang mudah.Semacam es potong yang dicelupkan dalam cairan coklat cair. Pak Gatot biasa berjualan di alun-alun kidul Jogja tetapi dia juga sering berjualan di Sekaten dan Sunday Morning UGM. 


Pada tahun 1981, Pak Gatot ini hanyalah seorang pedagang jajanan arum manis. Namun tak lama berjualan arum manis, ia memutuskan banting setir menjadi penjual es potong. Karena, berjualan arum manis tak bisa diinovasikan menjadi jajanan yang unik. 

Setelah sekian lama berjualan es potong Pak Gatot merasa ada yang kurang, makadari itu Pak Gatot mulai mencari inspirasi. Setelah melakukan 3 kali percobaan akhirnya Pak Gatot menemukan es potong ala cita rasa yang khas. 

“Saya sangat menikmati pekerjaan saya berjualan es goreng, selain karena dijamin halal saya juga dapat berinteraksi dengan orang-orang baru,” papar Pak Gatot. Dinamakan es goreng bukan berarti es tersebut digoreng di wajan dengan menggunakan minyak goreng. Tetapi potongan es yang dicelupkan di wajan yang berisikan cokelat panas, yang sudah disediakan kompor di bawah wajan tersebut, agar panasnya cokelat tetap bertahan.

“Rasa Es Potongnya enak, gurih santan dan manis coklat,” ujar Monica(20) salah satu pembeli es goreng Pak Gatot. Uniknya adalah cara Pak Gatot, penjual Es Goreng, dalam promosi jualannya. Pak Gatot memasang mic kecil dan speaker di gerobak esnya, lalu berbicara santai mengajak pengunjung untuk beli es goreng.

Dibandrol dengan harga yang ditawarkan Pak Gatot untuk sepotong es gorengnya adalah hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 saja, jika membeli 2 es Rp 5.000. Pak Gatot sudah memiliki banyak pelanggan dan sudah cukup terkenal. Tak heran bila dagangan Pak Gatot selalu digemari para pembeli, karena selain harga yang murah rasa es goreng buatannya pun enak dan selalu menjaga cita rasa. (AURA, LINDA)

Dipublikasi Tabloid BIAS, Edisi 1, 2019

Sensasi Es Goreng Legend Jogja Sensasi Es Goreng Legend Jogja Reviewed by elisa on Tuesday, May 24, 2022 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.