Diskusi Gender Gerakan Mahasiswa Berfikir Kritis

Lembaga Institut Kapal Perempuan Jakarta bekerjasama dengan Akademi Pertanian Yogyakarta (AKPER) menyelenggarakan diskusi gender dan pengorganisasian. Diskusi yang diselenggarakan pada 22 Februari 2017 ini diikuti oleh 20 peserta. Tema yang diusung kali ini berbicara tentang kesataraan gender dan pengorganisasian.

Kusbandiyah, salah satu penyelenggara kegiatan memaparkan bahwa latar belakang acara ini atas dasar kepedulian dan keprihatinan. Banyak permasalahan yang terjadi di dunia sosial. Misalnya terkait tentang isu perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga. Selain mencari nafkah, juga tetap berperan sebagai ibu rumah tangga. Dari segi gaji di dunia kerja, perempuan memiliki upah kerja lebih rendah daripada laki-laki.
Salah satu ulasan dalam topik ini perihal sudut pandang mahasiswa saat ini menyikapi isu gender dan pengorganisasian. Misyah, selaku narasumber dari Lembaga Institure Kapal Perempuan menyampaikan bahwa, ternyata banyak masyarakat dan mahasiswa yang paham betul kesetaraan gender itu sendiri. Sehingga, disadari atau tidak disarai, masyarakat berhadapan dengan patriarki dalam kehidupan keseharan. Sedangkan di dunia Perguruan Tinggi, memang tidak ada pendidikan gender ataupun sistem kepedulian lingkungan secara langsung. Namun, ilmu semacam ini juga penting.
“Harapannya, diskusi ini member pemahaman kesetaraan gender dan memberikan pemikiran kritis,” kata tambahnya. Antusiasme peserta terlihat di akhir acara. Seperti yang dijelaskan Kusbandiyah, usai diskusi, ada grup khusus untuk lanjutan diskusi.

Eddy Yusworo, salah satu Dosen Pembimbing bidang Kemahasiswaan mendukung diskusi. Harapannya, dengan adannya diskusi, sharing ilmu seperti ini mendorong mahasiswa bisa kreatif, kritis dan peka terhadap lingkungan sekitar. Adapun hasil akhir yang dicapai dalam diskusi. Yaitu, mahasiswa dapat berperan aktif dan menambah wawasan perihal isu perempuan. [Elisa]
Diskusi Gender Gerakan Mahasiswa Berfikir Kritis Diskusi Gender Gerakan Mahasiswa Berfikir Kritis Reviewed by elisa on Thursday, March 02, 2017 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.