SMK Ar Rahmah: Upaya Pemerataan Pendidikan Untuk Anak Kurang Beruntung


Pendidikan menjadi kebutuhan pokok bagi setiap warga Indonesia. Sayangnya, tidak semua orang, khususnya yang berasal di kota terpencil dan kota perbatasan tidak semua bisa berkesempatan mengenyam pendidikan dengan baik. Pulau Jawa sebagai metropolitannya Indonesia, setidaknya di pulau Jawa ini hampir terjamah oleh listrik, banyak berdiri bangunan sekolah dan segala pernak-perniknya. Kenyataannya masih ada satu dua anak Indonesia yang kesulitan mengenyam pendidikan.
Foto: Dokpri SMK Ar Rahman
Maka lahirlah yayasan yang siap menampung saudara yang keterbatasan, terutama dibidang pendidikan. Salah satunya SMK ar Rahmah. Kepala SMK ar Rahmah, Rahmat Jatmiko, S.Pd memaparkan bahwa SMK ini di bawah Yayasan Fakhruddin yang berdiri sejak 1980. Fokus kejuruan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Sekolah yang terletak di Kedungbule, Trimurti, Srandakan, Bantul didirikan sejak tahun tahun 2011/2012. Meskipun tergolong masih baru, mampu menampung sebanyak 120 siswa pada tahun ajaran 2017/2018. Sebagian besar para siswa berasal dari keluarga kurang mampu.
Kelebihan sekolah kejuruan ini dibandingkan dengan sekolah yang lain memberikan porsi penuh kepada anak kurang mampu. Dengan kata lain, program pendidikan ini dibangun memang dikhususkan untuk kaum Dhuafa, fakir miskin, yatim piatu dan anak jalanan. Tidak tanggung-tanggung, asal pelajar dari berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Tercatat ada yang dari Kalimantan,  NTB, NTT, Irian Jaya, Ambon, Bali, Wonosobo, Pemalang, Sumatra, Temanggung dan dari Yogyakarta. Mereka semua tinggal di asrama sekalian nyantri.
Berbagai macam penghargaan dan segudang prestasi siswa SMK Ar Rahmah diraih. Baik dari tingkat Kecamatan maupun tingkat Nasional dengan bukti piagam, sertifikat dan Piala. Pada Tahun 2015 misalnya, SMK Ar Rahmah mendapatkan Penghargaan Resmi dari Menteri Pendidikan (Anies Baswedan) sebagai sekolah berintegritas dengan nilai 83,6.
Adapun Fasilitas yang dimiliki SMK ar Rahmah, yaitu memiliki 3 ruang Laboratorium Komputer lengkap dengan 65 Unit komputer dan laptop yang sudah tersambung Internet, 6 ruang Kelas, 1 Ruang Praktek Siswa, Ruang Guru, Ruang Perpustakaan, Kamar mandi, Warnet, Ruang Guru, Lapangan Upacara, dll. Untuk fasilitas pelaksanaan belajar mengajar, 6 ruang kelas, 2 ruang laboratorium komputer, kantor, perpustakaan,  kamar mandi, halaman luas, ekstra kulikuler dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. (Elisa)


Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 1, 2018
SMK Ar Rahmah: Upaya Pemerataan Pendidikan Untuk Anak Kurang Beruntung SMK Ar Rahmah: Upaya Pemerataan Pendidikan Untuk Anak Kurang Beruntung Reviewed by Unknown on Wednesday, April 03, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.