PSBK: Gelar Seni Gugus Bagong Sampaikan Nilai Seni Untuk Masyarakat Umum


Siapa yang tidak mengenal tokoh Bagong Kussudiardja, seniman kondang dan pelakunya pasti mengenal sosok beliau. Bagong Kussudiardja (BK) seorang seniman sekaligus seorang budayawan Indonesia. Ia sosok inspiratif yang mampu menginspirasi ribuan cantrik-mentrik­. Tidak tanggung-tanggung, cantrik-mentrik hingga Asia Tenggara.
Foto: @psbk_jogja
Bagong Kussudiardjo seorang seniman yang aktif sejak tahun 1978 sampai 2002. Sekalipun kini beliau sudah wafat, pengaruhnya masih hidup. Hal ini tampak terlihat dari aktivitas yang diselenggarakan oleh Cantrik-mentrik. Salah satunya kegiatan untuk memperingati 90 tahun usia Bagong Kussudiardjo.
Seperti yang disampaikan lewat press release acara peringatan ini di selenggarakan di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK). Ada beberapa rangkaian acara yang sifatnya tertutup dan terbuka. Khusus acara yang terbuka untuk masyarakat adalah Gelar Seni Gugus Bagong. Kegiatan ini diperuntukan untuk masyarakat umum dan terbuka secara gratis. Adapun rangkaian acara sebagai pembukaan acara, diantarannya adannya pertunjukan tari, pameran seni rupa dan akan ada pameran arsip untuk umum. Dipenutupan acara, diselenggarakan gelar seni dan forum temu akbar alumni Catrik-mentrik. Menariknya, ini diikuti tidak hanya untuk cantrik-mentrik lokal, tetapi selurush Nusantara dan ASEAN PSBK.
Seperti yang disampaikan salah satu tim kurasi Gelar Seni Gugus Bagong, Djaduk Ferianto yang menyampaikan kiprah BK mampu melahirkan seniman pencipta, pemerhati seni dan pendidik yang sekarang sampai tersebar hingga beberapa wilayah, salah satunya di wilayah Nusantara dan Asia Tenggara.
Foto: @psbk_jogja
“Sampai saat ini banyak dari mereka masih aktif sebagai seniman pencipta, pendidik dan pemerhati seni,” tegasnya.
Dalam acara gelar seni Gugus Bagong menampilkan beberapa karya seni dari para cantrik mentrik. Amelberga Astri P, sebagai Media Relasi menyampaikan dalam press Release akan menampilkan Sanggar Tari Kenari (Yuli Asmaning Rita) dari Pasuruan, Jawa Timur, Paranditya Wintarni (PLT Bagong Kussudiardja) dari Yogyakarta, DIY, Sri Warisan Som Said Performing Arts (Som Said Binte Mohamed Said) dari Singapura, dan lainnya akan melengkapi berbagai acara pada hari pertama.
Selanjutnya pada hari Jumat, 19 Oktober 2018 gelar seni yang akan ditampilkan diantaranya karya Sanggar Seni Pringgadhing (Ati Handoyo) dari Cirebon, Jawa Barat, Bengkel Seni Sekar Taruna Kie Raha (Ali Hanafi) dari Ternate, Maluku Utara, Batara Gowa (Basri Baharuddin Sila) dari Makassar, Sulawesi Selatan, dan masih ada empat penampil dari sanggar seni dari Indonesia dan Asia Tenggara lainnya. Sebagai pungkasan, Sanggar Tari Kembang Sore (Untung Muljono) dari Sleman, DIY, Sanggar Seni Pesona Wangka (Ernawati) dari Bangka, Babel, Kontemporaryong Gamelan Pilipino (Pedro R. Abraham, Jr) dari Quezon City, Filipina, dan cantrik-mentrik lainnya akan menutup acara Gelar Seni Gugus Bagong pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018.  (Elisa)

Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 2, 2018

PSBK: Gelar Seni Gugus Bagong Sampaikan Nilai Seni Untuk Masyarakat Umum PSBK: Gelar Seni Gugus Bagong Sampaikan Nilai Seni Untuk Masyarakat Umum Reviewed by elisa on Wednesday, April 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.