Minuman dengan Bahan Dasar Tahu : Wedang Tahu Bu Sukardi


Tahu merupakan makanan dengan bahan dasar kedelai yang biasanya dimakan sebagai lauk maupun sebagai bahan masakan. Namun, tahu Bu Sukardi ini berbeda dari tahu biasanya karena dibuat sebagai minuman. Sama halnya dengan minuman di Jawa Barat yang namanya Kembang Tahu, tapi di kawasan Jogja namanya Wedang Tahu.

Wedang Tahu (Foto: Krise)
Wedang Tahu Ibu Sukardi terletak di Jl. Kranggan atau dari Tugu Yogyakarta ke arah utara. Di situlah Ibu Sukardi menjajakan dagangannya, hanya satu jenis yaitu Wedang Tahu. Olahan sari kedelai berwarna putih yang lembut, diguyur dengan kuah jahe manis yang kaya rempah. Tanpa pengawet dan pemanis buatan, menyesapi setiap suapan wedang tahu ini memberikan sensasi tersendiri, tidak hanya di rongga mulut, tapi juga yang hangat menjalar ke badan. Rasa hangat yang diberikan oleh kuah jahenya memang seolah mengalir di aliran darah dan memberi rangsangan kepada tubuh. Wedang tahu ini tidak hanya enak, tapi memang dikenal juga sebagai minuman untuk meningkatkan stamina tubuh.

Wedang Tahu (Foto: Krise)
Wedang Tahu Bu Sukardi yang buka sejak tahun 1980 ini sudah terkenal di Yogyakarta. Buktinya warung yang buka setiap pukul 6 pagi ini tidak pernah sepi pembeli. Tidak perlu menunggu lama untuk dapat menikmati semangkuk wedang tahu. Hanya perlu menunggu 5 hingga 10 menit semangkuk wedang tahu bisa dinikmati ditempat maupun dibungkus untuk dibawa pulang. Harganyapun cukup terjangkau yaitu 6 ribu rupiah untuk tiap mangkuknya.

 “Rasanya enak, cocok untuk minuman pagi setelah berolahraga, terlebih kalau cuaca sedang dingin juga,” kata Aulia pembeli asal Yogyakarta.

Rasanya yang enak juga membuat orang-orang penasaran dengan cara pembuatannya. Bu Sukardi mengaku kalau resep wedang tahu ini didapatkan dari anaknya yang bekerja di China.

“Awalnya mencoba-coba resepnya, hampir lebih dari 50 kali Saya mencoba membuat dan akhirnya berhasil jadi Wedang Tahu yang sekarang ini,” jelas Bu Sukardi. (Krise Lewi Talenta)

Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 1, 2018




Minuman dengan Bahan Dasar Tahu : Wedang Tahu Bu Sukardi Minuman dengan Bahan Dasar Tahu : Wedang Tahu Bu Sukardi Reviewed by elisa on Tuesday, April 09, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.