Cara Asik Kenalkan Dunia Buku dan Bahasa Inggris pada Anak


Berdiri di pinggir Jalan Gedong Kuning No.102, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, Rumah BaCa (Ba adalah nama mascot buku laki-laki berwarna biru dan Ca adalah mascot buku perempuan berwarna merah muda) merupakan perpustakaan dan pusat kegiatan keluarga, yang menyajikan layanan pengembangan kreativitas terpadu bagi anak dan remaja di Kota Yogyakarta.
Rumah baca Inggris (Foto: Adhisti)
Interior yang khas ruang keluarga ala Eropa dengan berbagai dekorasi lucu dan wallpaper yang cantik akan menyambut ketika memasuki rumah baca ini. Tempat yang lahir dari inisiasi pasangan suami istri Ganjar Widhiyoga, Ph.D dan Ari Pusparini ini ingin mengenalkan dua hal penting kepada anak-anak, yaitu membaca dan bahasa Inggris. Jadi, tidak heran kalau seluruh koleksi buku di Ruma BaCa menggunakan bahasa Inggris, dengan mayoritas adalah genre anak-anak.
Ganjar, yang juga merupakan seorang alumnus Durham University, United King domini mengatakan minat baca anak tumbuh bukan karena dipaksa melainkan sudah dibiasakan sejak dini, selain itu peran orangtua di rumah untuk mengenalkan buku dan membacakannya kepada anak juga sangat penting.
“Kami pernah tinggal di United Kingdom selama beberapa tahun, di sana bisa ditemukan banyak perpustakaan untu kanak-anak. Kami terinspirasi membuat yang serupa di sini. Perpustakaan yang ada di Jogja saat ini sudah sangat baik, tapi buku berbahasa Inggris masih jarang, kami ingin menyediakan buku-buku tersebut yang terjangkau buat anak-anak. Jadi, semua buku di sini berbahasa Inggris,” jelas Ganjar.
Dibantu oleh istrinya yang juga memiliki pengalaman sebagai Trainer di Angelou Centre, United Kingdom, Rumah BaCa diresmikan pada 17 Agustus 2017. Selain buku anak-anak, disediakan pula berbagai permainan yang mengasah motorik anak seperti permainan kartu, jenga, balok, dan lain-lain. Tak ketinggalan, kostum-kostum lucu yang terpampang rapi dan bisa bebas dikenakan.
Rumah BaCa juga menawarkan aktivitas klub bahasa Inggris untuk anak-anak, yang terdiri dari beberapa level dan jenis. Anak-anak akan memulai di level Beginner; fun and play, little chef, dan art and craft. Setelah itu bisa melanjutkan di level Advanced; young writing, board games club, dan story telling. Semua dikemas dengan cara menyenangkan dan seru khas anak-anak. Tidak lupa, di Rumah BaCa anak-anak pun berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan wisatawan asing dengan mengunjungi tempat-tempat rekreasi saat liburan sekolah.
“Pendekatan ala anak-anak sangat diperlukan. Kalaupun di sini mereka ada yang belum bisa bahasa Inggris setidaknya mereka tertarik dulu dengan gambar-gambarnya, bermain dengan pop art-nya. Kita belajar bahasa Inggris dari SD tapi masih belum bisa, kenapa? Karena di awal sudah dikasih grammar, jadi kami buat pendekatan yang berbeda. Buat anak-anak senang dulu dengan bahasa Inggris, tidak ada mental block, baru setelah mereka siap kami beri grammar sedikit-sedikit. Terbukti bisa,” ungkap Ganjar. (Adhisti)



Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 2, 2018

Cara Asik Kenalkan Dunia Buku dan Bahasa Inggris pada Anak Cara Asik Kenalkan Dunia Buku dan Bahasa Inggris pada Anak Reviewed by elisa on Friday, April 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.