Pojok Baca Alas Literasi Ajak Desa Muntuk Sadar Literasi


Membaca tidak sekedar mengasah kemampuan imajinatif, tetap juga memperkaya daya analisis dan memiliki mengasah kemampuan berfikir out of the box. Membaca diperuntukan oleh semua kalangan, suku dan daerah. Memiliki kesadaran membaca ternyata tidak lahir begitu saja, melainkan butuh upaya seperti membuat rumah baca. Di Dlingo salah satunya, dibangun rumah baca yang disebut dengan Pojok Baca Alas Literasi Banjarharjo, lokasinya berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo.
Foto: Dokpri Rani
Siapa sih yang tidak tahu Dlingo? Dlingo merupakan wilayah pegunungan yang sering dikira masyarat umum termasuk daerah Wonosari, Gunungkidul. Karena dari segi tempatnya berdekatan dengan Gunungkidul. Anggota FPKB DPRD, Nur Laili Maharani menceritakan bahwa alas literasi merupakan program unggulan gerakan literasi di Bantul. Latarbelakang alas literasi diharapkan mampu meningkatkan kesadaran membaca bagi masyarakat sektiar.
Pojok Baca Alas Literasi Banjarharjo diinisiasi oleh masyarakat setempat. Masyarakat setempat memiliki kesadaran untuk warganya memiliki kesadaran membaca, mengingat Indonesia termasuk negara yang memiliki kesadaran membaca yang masih rendah. Program rumah baca dikelola secara mandiri oleh warga Desa Muntuk. Sampai saat ini, alas literasi Banjarharjo memiliki satu bangunan untuk penyimpanan buku. Bangunan tersebut seluas 1.000 meter persegi. Adapun program ke depan yang akan terus di kembangkan oleh Alas Literasi. Diantarannya akan membangun area outbond, tempat perkemahan dan zona kuliner. Titik fokusnya tetap berbasis literasi.
Program dibidang literasi ini ternyata mendapat apresiasi dan dukungan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) kabupaten Bantul. Agus Sulistiana, selaku Kepala Dispusip Bantul yang di rilis oleh krjogja.com memaparkan bahwa program Bantul Literasi sudah diluncurkan sejak 2017 yang lalu. Di Bantul, setidaknya sudah ada 3 rumah baca, selain di Dlingo, juga ada beberapa titik seperti di Kecamatan Bambanglipuro dan Kecamatan Piyungan. Rumah baca ini salah satu upaya untuk memotivasi masyarakat dari dini. Tidak hanya itu, program inipun salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat agar terlibat aktif. (Elisa)


Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 1, 2018

Pojok Baca Alas Literasi Ajak Desa Muntuk Sadar Literasi Pojok Baca Alas Literasi Ajak Desa Muntuk Sadar Literasi Reviewed by aquaphonik mulyo on Friday, March 15, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.