Kenali Bahaya Sering Minum Es Yang Sering Diabaikan


Ketika terik, tubuh akan merespons dan mendorong tubuh untuk minum. Karena gerah dan panas, ternyata udara yang gerah dan panas mendorong ingin meminum es. Tahukah kamu, kebiasaan minum es saat gerah sebenarnya tidak baik, minuman yang pas justru minum air hangat.
Foto: Toa Heftiba
Dalam keseharian, ternyata bahaya sering minum es dapat menimbulkan beberapa dampak. Apa saja dampaknya? Sebagai berikut ulasannya.
Sering merasa pusing
Ketika beberapa jam di luar ruangan dan terpapar langsung oleh sinar matahari. Maka ketika kita masuk ke ruang ber AC atau langsung minum es, tubuh akan mengeluarkan reaksi. Misal muncul rasa pusing, kepala cenut-cenut dan semacamnya. Hal ini karena disebabkan oleh perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba.
Dampak perubahan suhu tubuh dari luar dan yang masuk inilah yang menimbulkan otak kekurangan oksigen. Sehingga menimbulkan rasa pusing. Tipsnya adalah, ketika seharian kepanasan di luar, konsumsi air hangat. Fungsinya agar tubuh tidak shock.
Gangguan pencernaan
Bahaya sering minum es dapat menganggu proses pencernaan. Tubuh akan mengalami keterlambatan dalam mencerna. Apalagi jika habis makan makanan berlemak, kemudian minum minuman es, jika dijadikan kebiasaan, dapat berbahaya. Dampaknya menganggu dinding usus menebal akibat lemak pada makanan mengeras akibat dingin minuman.
Selain menyebabkan penebalan dinding usus, juga dapat menimbulkan penyempitan system pencernaan. Penyempitan inilah yang dapat menganggu proses penyerapan makanan. Jika dibiarkan, dapat menganggu pencernaan. Ketika pencernaan terganggu, tubuh mudah capek meskipun aktivitas yang dilakukan hanya sebentar.
Jantung Bekerja Pelan
Bahaya sering minum es ternyata dapat memperlambat kinerja jantung. Air es yang masuk ke dalam tubuh secara terus menerus ternyata mampu menimbulkan system rangsang saraf vagus terhambat. Jangka panjangnya, menimbulkan jantung tidak bisa memompa secara normal.
Berpotensi Batu Ginjal
Bahaya sering minum es selesai makan jika menjadi kebiasaan, juga tidak baik. Khususnya minum es teh, karena dapat berpeluang besar terkena batu ginjal. Hal ini karena teh memiliki zat oxalate yang meningkatkan risiko batu ginjal. Jadi, upayakan usai makan, apapun itu, biasakan minum air putih hangat. Air putih hangat juga membantu untuk mengikat lemak, dan menjaga tubuh Anda tetap ideal. Itulah 4 bahaya minum es yang sebisa mungkin di minimalisir. Semoga bermanfaat. (Elisa)


Kenali Bahaya Sering Minum Es Yang Sering Diabaikan Kenali Bahaya Sering Minum Es Yang Sering Diabaikan Reviewed by aquaphonik mulyo on Saturday, March 02, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.