Bahaya Fatal Medsos Untuk Reputasi Pelajar


Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Teknologi dibuat untuk memudahkan dan mempercepat kerja bagi para penggunannya. Tidak hanya itu, teknologi diciptakan juga menjadi media untuk membangun interaksi sosial secara online. Dampaknya menyebabkan interaksi sosial secara langsung menjadikan pengguna menjadi antisosial.
Foto: Ist
Fenomena antisosial dan menurunnya kepekaan terhadap lingkungan salah satu bentuk kemunduran dalam kehidupan bermasyarakat yang menjadi perhatian serius demi mewujudkan masyarakat yang toleran dan peduli satu sama lain dalam bermasyarakat. Khususnya bagi kaum millennial yang hidup dengan teknologi. Salah satunya pelajar SMKN 1 Pengasih Kulon Progo, Muhammad Mahdi Pradipta Adiguna (16) yang menjadikan media sosial itu sebagai kebutuhan. Dengan teknologi dan segala pernak-pernik teknologi, dirinya dapat berkomunikasi dengan teman-temannya yang berada jauh sekalipun.
Pelajar yang hobi beat box ini pernah mendapatkan pengalaman yang tidak enak menggunakan teknologi. Keterbatasan pengetahuan TI pun Mahdi pernah menjadi korban hacker Facebook yang menggunakan akunnya. Tanpa dia ketahui, akunnya digunakan untuk mengirim link porno.
Pada waktu itu orang-orang masih gaptek, belum tahu kalau  itu perbuatan dari si hacker. Akibatnya mengira bahwa yang mengirim link itu adalah saya, sehingga saya merasa dirugikan dan mencoreng nama baik saya dan keluarga,” ceritanya. Meskipun demikian, Mahdi tidak jera dan masih tetap menggunakan Facebook.
Berbeda cerita lagi dengan Alvina Meilyn Puspita (16), Ia belum pernah di hacker. Meskipun tidak sampai dipermalukan seperti kasus Mahdi, siswi dari SMKN 1 Yogyakarta ini juga pernah memiliki cerita yang tidak enak.  Kekecewaan Alvina pernah memperoleh notif tentang kuota paket data yang akan habis. Hal itu yang membuat ia sedikit menyesal karena terlalu sering menggunakan medsos. Alvina merasa boros. Ia pun punya tips untuk dirinya sendiri agar hemat, yaitu menggunakan medsos secukupnya dan seperlunya saja dan kalau bisa jadikan medsos sebagai ajang menyalurkan hobi dan kreatifitas tetapi jangan sampai kreatifitas yang kita buat menyinggung pihak lain yang nantinya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. (Linda, Elisa)

Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 1, 2018

Bahaya Fatal Medsos Untuk Reputasi Pelajar Bahaya Fatal Medsos Untuk Reputasi Pelajar Reviewed by aquaphonik mulyo on Tuesday, February 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.