Blendang Blendung Art Community: Komunitas Seni Blendang Blendung


Foto: Elisa

Komunitas Seni Blendang Blendung didirikan oleh Ahmad Santoso dan Greg Susanto. Awalnya Blendang Blendung Studio adalah lembaga yang dibangun dengan orientasi economic building. Sejak didirikan pada tahun 2010 silam, komunitas ini fokus mengerjakan berbagai art project, khususnya karya-karya tiga dimensi (3D). Selain di Yogyakarta, banyak ciptaan yang telah dipajang menghiasai kota-kota di Indonesia, seperti Jakarta, Medan, Manado, Wonosobo, dan lain-lain.
Menginjak tahun ketiga, Blendang Blendung menambah program kerja yang bersifat sosial kebudayaan. Beberapa kegiatan seperti lokakarya kesenian anak-anak kampungdan festival pedesaan telah diselenggarakan. Keaktifan Blendan Blendung nyatanya mampu menarik pihak-pihak lain untuk bergabung bersama dan menjalankan satu serupa, hingga akhirnya komunitas seni ini menjelma sebagai laboratorium kebudayaan yang berbasis pada masyarakat pedesaan.
Selain itu, Blendang Blendung juga menyelenggarakan pameran seni rupa. Asyikpelago (Perayaan Kebhinekaan) adalah salah satu acara yang pernah diadakan di Jakarta Oktober 2016. Pada tahun 2014 dibentuk kepanitiaan konsorsium yang menghimpun berbagai seniman dan juga orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam dunia seni damenggelar acara “Menjelajah Pemikiran Mangun Wijaya” di Bentara Budaya Yogyakarta, yang diisi dengan pameran seni rupa, seminar pendidikan, dan dialog kebudayaan.
Smart City yang dilaksanakan di Taman Budaya Mei 2017 adalah event ketiga yang dilakukan, bersama dengan Komunitas Forum Mahasiswa Pecinta Pena, Blendang Blendung berharap semoga pemaren ini dapat lebih membuka pemahaman dan cara pandang kita akan apa yang terjadi di sekitar saat ini. Apakah kamu tahun kemarin sempat mengunjungi ivent ini? Semoga kedepan Jogja memberikan ruang untuk tetap dan terus berkarya. (Elisa - Adhisti)

Dimuat di Tabloid BIAS Edisi 1|2017
 

Blendang Blendung Art Community: Komunitas Seni Blendang Blendung Blendang Blendung Art Community: Komunitas Seni Blendang Blendung Reviewed by Elisa ELisa on Sunday, January 28, 2018 Rating: 5

Sahabat

Powered by Blogger.