google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Pentingnya Menguasai Public Speaking Untuk Pelajar - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Pentingnya Menguasai Public Speaking Untuk Pelajar

Berbicara dan menyampaikan pendapat di depan umum memang tidaklah mudah. Mental dan kepercayaan diri begitu diperlukan. Tidak semua orang mampu berbicara ditempat umum. Namun, ada juga orang yang terbiasa dan tidak merasa canggung. Nanda, salah satu pelajar dari SMKN 1 Saptosari, berpendapat bahwa berbicara di depan umum atau Public Speaking ketrampilan berkomunikasi yang penting. Ketrampilan berbicara memberikan banyak manfaat.
Foto : Elisa
Dari sembilan responden, dua pelajar diantarannya mengungkapkan ketidaktahuan mereka tentang public speaking. Agung Septianto, pelajar dari SMKN 1 Wonosari, Public Speaking adalah kemampuan untuk berpendapat maupun menjawab pertanyaan dari masyarakat umum. Menurut Rahyuna Hendriyanti, SMKN 1 Sewon, Public Speaking merupakan kemampuan, ketrampilan untuk mengemukakan pendapat ke masyarakat umum, dengan bahasa yang sopan, kata yang tepat dan gesture yang sesuai.
Agung Septianto menyadari betul, tidak semua pelajar memiliki ketrampilan dan kemampuan berbicara di depan umum. Meskipun Agung memiliki kemampuan Public Speaking, sebenarnya Ia juga khawatir melihat teman-teman yang lain. “Terlebih saat ini pendidikan di Indonesia memberlakukan kurikulum 2013, yang mewajibkan para siswa lebih aktif daripada gurunya,” ungkapnya. Ia juga menjelaskan bahwa model pembelajaran lebih ke bentuk diskusi, para siswa satu sama lain dituntut mempu mengungkapkan pendapat mereka.
Public Speaking bukan berarti tidak bisa dipelajari. Menurut Nanda, Public Speaking bisa dilatih dan dibiasakan. Latihan bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya mengikuti seminar, mengikuti ajang perlombaan debat, mengikuti rapat di sekolah dan diluar sekolah. Hal inilah yang dialami oleh Nanda. Meskipun demikian, bukan berarti Ia lancar berbicara di depan umum, Ia masih sering grogi.
“Jadi aku belajar dan membiasakan diri untuk percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri. namun, jangan menjadi over confident,” tegas siswa jurusan tata boga saat ditanya point yang Ia catat.
Berbicara di tempat umum tidak selalu dianggap penting, ada pula sebagian orang yang menganggap Public Speaking hal yang tidak penting. Asmirandah Jihan Pratiwi, SMAN 1 Panggang, Wonosari tidak sependapat. Menurutnya, berbicara di depan umum ketrampilan yang sangat dibutuhkan. Pasalnya, selain untuk salah satu sarana berkomunikasi dalam bergaul, pandai menyampaikan pendapat juga menudahkan untuk diterima oleh masyarakat/forum/komunitas. Siswa jurusan MIPA ini beranggapan bahwa pandai menyampaikan pendapat yang baik dan terlatih mampu membuat kita menonjol dan unggul.

“Bagiku, melihat teman-teman yang minder berbicara di muka umum itu sangat disayangkan. Karena public speaking diperlukan di era globalisasi dan modernisasi seperti sekarang ini,” tutupnya. Meskipun Ia dulu membiasakan mahir berbicara di tempat umum membutuhkan proses dan waktu yang tidak singkat. (Elisa & Dhea)
Pentingnya Menguasai Public Speaking Untuk Pelajar Pentingnya Menguasai Public Speaking Untuk Pelajar Reviewed by Elisa ELisa on Sunday, February 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.