google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Latihan Menghargai Oranglain - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Latihan Menghargai Oranglain

Pacaran dimasa sekolah dianggap tidak perlu. Bagi sebagian lagi, pacaran itu perlu dan penting. Seperti pendapat Ahid Arrijal Musthafa Nugroho, pelajar dari SMK N Pengasih 1 Wates. Pacaran baginya sebagai penyemangat belajar dan sebagai media saling diskusi upaya intropeksi diri.
“Prinsipnya gini aja, pacaran itu bisa diartikan latihan berkeluarga. Dalam artian latihan mengelola emosi satu sama lain ketika mengalami pertentangan pendapat,” tegasnya. Adapun sisi negatif berpacaran menurut Ahid, membuat boros uang.
Ahid Arrijal MN
Hal sama dirasakan oleh Miftahul Lutfi Andrian (16), SMAN Jetis Bantul yang baru tiga bulan berpacaran. Ada masannya dompet lebih cepat terkuras karena untuk mentraktir pacar. Adapun akibat berpacaran yang dirasakan Ahid, online Shop yang dikelolanya tersendat karena terbengkalai.
Lalu apakah benar pelajar yang berani pacaran sebagian besar karena uang saku berlebih dan sebagian lagi, banyak pelajar yang sudah mendapatkan penghasilan dari pekerjaan freelance mereka? Menurut Lutfi, pernyataan tersebut ada benarnya, laki-laki yang sudah memiliki penghasilan sendiri lebih percayadiri ketika memiliki pasangan, dibandingkan mereka yang belum memiliki pendapatan sama sekali. Berbeda dengan pendapat Ahid, menurutnya ekonomi bukan penentu seseorang memutuskan mau pacaran atau tidak. “Tergantung midnset masing-masing menurutku. Duit itu kalo dilihat Cuma nafsu, bukan cinta dan bukan sayang. Pacaran itu karena cinta, peduli dan karena sayang,” sanggahnya. 
“Ya, kalau belum siap dompet menipis dan belum siap untuk galau, ya jangan pacaran,” imbuhnya. Meskipun begitu banyak konsekuensi pacaran ketika masih sekolah, Ia menikmati pacaran sehat yang dijalaninya. Karena dengan memiliki pacar, Ia merasa semangat belajar. Senang karena selalu diperhatikan dan selalu diingatkan. Berawal dari sinilah, Ahid bisa belajar banyak hal dari dua insan yang berbeda.

Lain lagi dengan pendapat Lutfi yang hobi voli. Alasan Lutfi pacaran karena ingin mengenal lebih. Karena berpacaran dapat membuatnya tampil lebih percaya diri. Pelajaran yang dapat diambil ketika berpacaran menurutnya mengajarkan tentang arti penting menghargai pendapat orang lain, bersabar dan terkadang harus ikhlas melakukan sesuatu hal yang bukan keinginan sendiri.
 

Elisa
Dipublikasi di Tabloid BIAS | Eds 1| 2016
Latihan Menghargai Oranglain Latihan Menghargai Oranglain Reviewed by Elisa ELisa on Monday, August 15, 2016 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.