google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Jam ke Nol Perlu Diadakan Lagi - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Jam ke Nol Perlu Diadakan Lagi

Foto : Elisa
Jam ke nol harus kembalikan diadakan di setiap sekolah-sekolah. Pemerintah merecanakan akan menambah jam belajar siswa, rencana penambahan jam sekolah ini akan dimplementasikan di kurikulum 2013 sampai 2014. Bagaimana dengan wacana penambahan jam pelajaran dengan cara mengadakan kembali jam ke nol?, seperti yang pernah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Dimana para siswa diberikan penambahan jam pelajaran di pagi hari.
Beberapa tahun belakangan jam ke nol ternyata sudah banyak ditinggalkan. Hal ini nampak terlihat dari beberapa pelajar yang tim peliput BIAS mengintrogasi mereka. Khoirunnisa salah satu pelajar dari SMA N 1 Banguntapan yang mengatakan bahwa disekolahnya tidak ada jam ke nol. “Misalnya ada jam ke nol pun aku tetap setuju mbak, karena suasannya yang masih fresh karena masih sejuk. Apalagi tipe seperti aku lebih suka belajar dalam suasana sepi, lebih tenang dan mudah masuk pelajarannya,” paparnya
Senada yang dikatakan oleh Annisa Eka Sita dari SMA Angkasa Yogyakarta, baginya semakin pagi proses belajar dimulai, pikirannya masih fresh dan otak masih segar. Selain itu dia juga mengutarakan bahwa jam ke nol ini juga memberikan keuntungan, seperti melatih kesiplinan siswa siswi.

“Belajar di kelas pagi hari sekitar jam enaman pagi sepertinya perlu diadakan lagi, karena kinerja otak dipagi hari masih bisa optimal, karena masih fresh dari bangun tidur,” ujar Nike yang lahir di Sleman yang memiliki hobi membaca. Gadis kelahiran tanggal 28 Juli ini juga memaparkan bahwa mengadakan pelajaran tambahan jam ke nol harus membuat kesepakatan terlebih dulu antara murid dan guru. Dimana setiap ada pelajar yang terlambat diberikan hukuman. Bentuk hukuman bisa beruba dilarang mengikuti pelajaran, tetap disuruh masuk kelas dan seusai pelajaran siswa yang melanggar disuruh untuk mempresentasikan hasil materi yang sudah disampaikan oleh guru.
Tiga pelajar di atas ini menjukkan bahwa di tiga sekolahan yang tersebar sudah tidak ada lagi jam ke nol. Dari uraian di atas terlihat adanya antusiasme para pelajar. mengingat di Yogyakarta sebagai kota pelajar, banyak pendatang yang menyempatkan diri datang ke Jogja hanya demi mencari bekal Ilmu Pengetahuan. (Elisa & Intan, di Publikasi Tabloid BIAS 2013)
Jam ke Nol Perlu Diadakan Lagi Jam ke Nol Perlu Diadakan Lagi Reviewed by Elisa ELisa on Saturday, December 21, 2013 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.