google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Awas Bahaya Kulit Mematikan! - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Awas Bahaya Kulit Mematikan!




Kulit memiliki sensitifitas terhadap dunia luar. Jangan anggap enteng gatal di kulit sebagai gatal biasa. Gatal di kulit yang akut bisa menyebabkan sakit parah dan menyebabkan kematian. Semua aktifitas kelainan kulit tergantung pada jaringan ternyata ada satu elemen lain seperti kelenjar yang terdapat di dalam kulit.
Foto : Istimewa
Jaringan yang ada di kulit ada yang namanya jaringan subkutan. Jaringan subkutan ini memiliki fungsi sebagai lapisan yang dalam yang menghasilkan banyak lemak karena adannya kandungan liposit. Jaringan subkutan inilah yang menjadi bantalan terhadap trauma sekaligus sebagai bantalan antara kulit dan beberapa struktur internal yang lain yang disebut dengan adipose. Salah satu contoh yang dilapisi oleh jaringan adipose ini otot dan tulang.
Beberapa kelenjar kulit terdiri dari kelenjar sebasea, dimana kelenjar ini bertugas sebagai pengontrol sekresi minyak menuju ke folikel rambut dan batang rambut. Kelenjar sebasea inilah yang menjadikan rambut menjadi halus lentur dan lunak. Kelanjar keringat juga salah satu kelenjar kulit. Di kelenjar keringat dibagi menjadi kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin.
Kelenjar ekrin sebagai alat pengendali saraf simpatik yang mengatur tentang sekresi berupa keluar keringat. Kelenjar ekrin ini dimiliki hampir setiap kulit manusia, sebagai salah satu pengontrol. Kelenjar apokrin akan membesar di usia pubertas, dan kelenjar apokrin akan berkurang dengan sendirinya jika seorang wanita menginjak pada siklus Menstrulasi. Dimaa kelenjar ini bertugas sebagai pengurai bakteri pada kulit.
Apabila kelenjar kulit ini terganggu dapat menimbulkan penyakit. Banyak jenis penyakit kulit. Salah satu yang ingin penulis ulas di sini kelainan kulit yang disebut Urtikaria dan Angioderma.

Urtikaria
Kelainan kulit Urtikaria ditandai oleh bentol pada permukaan kulit berwarna agak kemerahan dan sedikit bengkak, tentu saja disertai rasa gatal. Rasa gatal ini disebabkan oleh sel mast (sel mast sebagai mediator kimia yang menyebabkan Urtikaria) yang berdekatan dengan saraf perifer dan pembuluh darah. Rasa gatal yang hebat jika digaruk akan menjadi infeksi sekunder, hal ini disebabkan oleh purpura dan excoriasi.
Purpura suatu bentuk penyakit perdarahan dan infeksi, dimana tubuh mulai kehilangan darah dan cairan tubuh. Apabila tubuh memproduksi ekimosis (secara fisik bentuk seperti memar) dan petechiae spontan menyebabkan bocornya cairan obat ke dalam jaringan dimana lokasi infus berada (ekstravasasi) yang dapat merusak jaringan. Hilangnya cairan dan darah pada tubuh inilah yang menyebabkan penderita kelainan kulit bibirnya terlihat kering dan menyebabkan somolens.

Proses terjadinya rasa gatal di kulit tipe Urtikaria karena adannya allergen yang menempel di sel mast sebagai pembentuk antibody IgE (allergen ini sebagai perangsang) sebelum akirnya IgE dan sel Mast saling berikatan. Apabila gabungan IgE dan Sel mast tadi bergabung dengan IgE sel mast yang lain menyebabkan degranulasi, pemicu timbulnya rasa gatal akibat dari pengeluaran histamine. Cairan histamine yang menyentuk saraf perifer inilah yang menyebabkan pembuluh darah mengalami pembengkakan karena penyebab adanya vasodilatasi dan peningkatan permeabilitas.
Histamin menyebabkan peningkatan permeabilitas pembuluh darah.  Cairan, sel dan eosinofil keluar dari pembuluh darah dan merangsang ujung saraf perifer. Proses inilah yang menyebabkan terjadi pembekakan kulit secara local dan sensasi gatal timbul.
Kelainan Urtikaria banyak yang menganggap enteng, jika tidak segera diobati akan menjadi kronik. Penderita kelainan kulit yang kronik tidak bisa disembuhkan dengan begitu saja. Cirri penderita urtikaria kronik jika selama 6 minggu gatal tidak sembuh patut segera dibawa ke dokter spesialis kulit. Yah.. pengalaman teman saya setiap kali cek per satu pertemua di Bethesda 400.000. belum hilang tanda kelainan kulit Urtikaria.
Urtikaria tidak dapat sembuh begitu saja. Banyak kasus penderita urtikaria ini mengalami kesulitan menyembuhkan. Bahkan spesialis kulit hingga pengobatan tradisional tidak memberikan jalan terang bagi penderita Urtikaria. Jangan takut dengan panyakit ini, penyakit ini lebih cepat sembuh apabila si penderita menyadari penyebab gatalnya. Mungkin dengan cara pengobatan anthihistamin pengobatan yang cocok bagi penderita urtikaria.

Cara untuk mengetahaui penyebab gatal Urtikaria :
Lakukan pencatatan buku diary. Saat gatal menyerang, jangan di garuk memakai kuku. Tatapi menulislah di selembar buku tulis seadaanya. Gambarkan kehebatan rasa gatal yang menyerang tubuh. Katakan, tuliskan apa adannya. Tentu perlu di ingat, tandai beberapa fase saat gatal hebat menyerang. Apakah saat gatal menyerang sedang banyak pikiran, tadi sebelum gatal makan apa, memakai baju apa dan bagaimana (baju ketat dapat memicu gatal). Hal yang harus di tulis yang lain adalah kondisi fisik. Saat gatal menyerang, apa yang kamu rasakan di pencernaan Anda, apakah mual, sesak napas dan sebagainya.
Hal ini sangat membantu. Dari menulis ini sebagai therapy. Why? Mengapa saya katakana menuliskan ini sebagai therapy? Setelah semalaman 8 jam mendalami kelainan kulit penulis menemukan bahwa salah satu penyebab Urtakaria ini karena faktor stress dan banyak pikiran. Menulis adalah salah satu bentuk penuangan rasa kesal dan pemikiran yang tak tersalurkan. Ini pernah penulis sarankan untuk teman sekaligus tetangga penulis, semoga cara ini membantunya.

Angioderma
Pernahkah mendengar penykit angioderma ini?. Angioderma subuah penyakit yang tidak jauh beda dengan Urtikaria. Angioderma menyerang pada jaringan kulit yang paling dalam. Kelainan kulit ini suka menyerang di beberapa bagian seperti di bibir, kemaluan dan mengenai mukosa mata. Jika kelainan kulit satu ini langsung menyerang pada bagian trakea (bronkus) dapat menyebabkan kematian, karena langsung terjadinya reaksi anafilaksis.
Anafikasis merupakan raksi alergi yang mengerikan karena alergi ini terjadi akut, cepat dan hebat. Terjadinya anafikasis ini karena disebabkan oleh kontak allergen. Penyebab lain karena terjadi interaksi antara antigen-antibodi (IgE). IgE berada di permukaan sel basofil dan mastosit. Jika hal ini terjadi kontak dengan allergen, maka basofil dan mastosit akan mengeluarkan histamine, SRS-A, Kinin. Unsure ini menyebabkan farmakologis. Proses penularan allergen pada tubuh manusia karena hirupan, suntikan, per oral, dan inokolasi.

Perlu diperhatikan bagi penderita Urtikaria dan Angioderma
Kelainan kulit dua ini harus benar-benar memperhatikan aktifitas sehari-hari. Ketika gatal datang jangan digaruk. Jika gatal ini menyerang juga jangan sekali-kali mandi menggunakan air panas. Mandi mengunakan air panas memang memberikan sensasi di kulit yang nikmat, tetapi setelah itu rasa gatal jusru semakin luar biasa.
Saat gatal datang jangan mandi, jangan terlalu sering mandi, mandi sewajarnya saja sehari 2 kali. Selalu ganti baju, gunakan baju yang menyerap keringat. Ternyata terlalu sering mandi dapat menyebabkan kulit justru semakin kering. Kulit lembab dan kering lebih berbahaya kulit kering. Kulit kering lebih cepat memicu bakteri masuk ke dalamnya. Jadi setelah mandi segela oleskan krim gatal untuk menghindari kulit yang kering.
Jaga pikiran. Pikiran berpengaruh besar terhadap rasa gatal ini. Karena dari stress dapat memicu banyak hal untuk kinerja metabolisme tubuh. Sering-seringlah berpikiran positif. (Elisa)

Referensi


Awas Bahaya Kulit Mematikan! Awas Bahaya Kulit Mematikan! Reviewed by Elisa ELisa on Sunday, February 24, 2013 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.