google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html SRI GETHUK : Sebagai Madona Wisata Alternatif - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

SRI GETHUK : Sebagai Madona Wisata Alternatif




Keindahan air terjun di Sri Gethuk
Sri Gethuk, itulah nama tempat wisata air terjun yang berada di kawasan gunung kidul. Tepatnya di Dusun Menggoran Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul,Yogyakarta. Jika biasanya Gunungkidul sering dilanda kekeringan, maka tempat satu ini melimpah ruah airnya. Air yang terjun dari tebing ini memikat semua orang yang mendatanginya.
Air yang jatuh dari air terjun setinggi 20m Ini mengalir di bebatuan kast berwarna putih. Batuan kars ini membentuk sebuah tangga. Air tersebut akhirnya akan jatuh di sungai utama, yaitu sungai Oyo. Air terjun Sri Gethuk terdiri dari sumber mata air Ngandong, Ngumbul dan Dung Poh.
Dibalik Wisata air terjun Sri Gethuk ini siapa yang menyangka, ternyata air terjun berasal dari irigasi alisan sawah. Inilah kehebatan SDM di Gunungkidul. Jadi tidak heran jika tempat wisata baru satu ini dalam kurun satu tahun berhasil menjadi icon tempat wisatawan.
Dalam waktu satu tahun, pengunjung Air terjun Sri Gethuk mengalami kenaikan. Tidak tanggung-tanggung, saat reporter BIAS berkunjung, tidak hanya warga lokal Yogyakarta, wisatawan dari luar luarpun juga ada.

Bebatuan sepanjang sungai oyo
Animo pengunjung yang banyak karena keindahan yang ditawarkan sangat exsotis. Bisa dikatakan, Sri Gethuk inilah satu-satunya air terjun tereksotis di Yogyakarta. Mengingat di Yogyakarta tempat wisata alam yang ditawarkan kebanyakan berupa pantai dan candi, jadi tidak heran jika beberapa tahun ke depan Sri Gethuk ini menjadi Madona.
Sri Gethuk, dari tempat namanya seperti nama orang yang menemukan air terjun ini. Ternyata bukan. Tidak hanya itu, ada nama lainnya. Mitosnya penduduk sekitar sering mendengarkan suara slempret, jika suara itu didekati semakin menghilang. Karena kejadian ini beberapa warga yang tinggal di daerah tersebut menyebut Slempret.
Beberapa paket liburan di Sri Gethuk antara lain, paket wisata ke gua Rancang. Di goa rancang inilah kita bisa melihat saluran irigasi yang penulis tulis diatas. Rencana dalam waktu dekat paket wisata akan ditambah panjat tebing. Hal ini mengingat sepanjang sungai Oyo menuju air terjun Sri Gethuk ini memiliki potensi. Tidak hanya berpotensi, tetapi memadai.
“Selain pengaspalan jalan, rencana ke depannya akan ditambah wahana mainan anak-anak!” tutur Ibu Asih, salah satu warga setempat yang berjualan di kawasan Sri Gethuk.

Medan menuju Sri Gethuk
Jalur menuju wisata Sri Gethuk mudah dicari. Tentunya melewati jalan wonosari. Di pertigaan gading ambil ke kanan. Di sana ada plang bertuliskan Sri Gethuk. Ikuti saja petunjuk arah, di sana sudah tertulis besar.
Menjadi perhatian khusus saat mendatangi tempat ini pastikan roda motor/modil depan belakang benar-benar dalam kondisi sehat. Awalnya jalan ini mulus-mulus saja, beraspal. Karena masih dalam proses perbaikan jalan, semakin mendekati lokasi ada beberapa titik jalan riskan. Jalan yang dipenuhi batu-batu tajam yang membahayakan kendaraan. Jangan terlalu khawatir, hanya beberapa meter saja kok jalan yang berbahaya ini.
Hal yang tak terlupakan saat menuju ke air terjun Sri Gethuk ini akan banyak ditemui pohon-pohon minyak kayu putih yang terhampar luas. Temperatur udara terasa sangat sejuk. Benar-benar serasa berada di puncak.
Setelah sampai lokasi wisatawan di tarik tiket masuk per orang 5.000. sesampai di sana ada dua cara menuju ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk. Yaitu menggunakan perahu atau jalan kaki. Jika mengunakan perahu ditarik biaya perorang 10.000. Jika memilih jalan kaki gratis. Rute yang ditempuh sekitar 350 m. selama perjalanan juga cukup mengasyikkan lho. Kita bisa melewati persawahan yang eksotis (Elisa)

Tulisan ini di publikasi di Tabloid BIAS
SRI GETHUK : Sebagai Madona Wisata Alternatif SRI GETHUK : Sebagai Madona Wisata Alternatif Reviewed by Elisa ELisa on Tuesday, January 01, 2013 Rating: 5

2 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "SRI GETHUK : Sebagai Madona Wisata Alternatif".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete

Sahabat

Powered by Blogger.