google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Ingin Sehat, Sediakan Selalu Air Putih - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Ingin Sehat, Sediakan Selalu Air Putih




Air tawar sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jangan sampai tubuh kita mengalami kekurangan senyawa kimia ini. Semua proses kimiawi di dalam tubuh memerlukan air agar reaksi kimia terjadi secara sempurna.
Foto : Elisa
Air putih memang berasa hambar. Tapi, jika kita merasa haus . terus kita minum. Air akan memiliki rasa segar dan sedikit manis. Tubuh manusia memerlukan banyak air. Kita tidak bisa menghitung dan menyebutkan manfaat apa saja dari air. Manfaat utama bagi tubuh yaitu membantu proses kimiawi senyawa-senyawa organik dan organik di dalam sel-sel.
Proses metabolisme senyawa-senyawa organik di dalam tubuh menjadi lancar jika air putih di dalam tubuh memiliki jumlah cukup. Kebutuhan volume air yang dibutuhkan oleh tiap individu berbeda-beda. Info umum yang telah diterima oleh kita, kita mengkonsumsi air sekitar 8 gelas perhari. Ada metode perhitungan lain untuk besaran konsumsi air perhari. Konsumsi 30 ml air per kilogram bobot badan sudah bisa mencukupi kebutuhan tubuh orang dewasa. Pada dasarnya, tidak ada ketentuan pasti berapa jumlah volume air yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bergantung pada cuaca setempat, penyakit yang sedang diderita seseorang, umur, aktivitas tubuh dll. Kita akan mudah membedakan takaran kebutuhan air minum bagi pemain sepakbola dengan pekerja kantoran. Pemain sepakbola membutuhkan banyak air minum dibandingkan dengan pekerja kantoran.
Salah satu fungsi air putih bagi tubuh adalah menjaga suhu tubuh pada kisaran normal. Bukan air es yang dingin. Air dingin mudah memicu iritasi jaringan-jaringan sel di dalam tubuh. Air berfungsi sebagai media pembuangan senyawa-senyawa yang bersifat toksin di dalam tubuh. Garam-garam Kristal di dalam organ ginjal dapat mudah terbuang oleh ketersediaan air yang cukup di dalam tubuh.

Kita pasti merasa harus minum bila sehabis makan. Air putih ini melancarkan proses pencernaan baik makanan ketika berada di mulut, kerongkongan, lambung, usus hingga berubah menjadi feses. Air bisa memberi rasa kenyang. Kita bisa mencobanya dengan minum air sebelum makan. Nafsu makan kita akan terasa turun. Cara ini bisa membantu mereka yang sedang mengikuti program diet makan.
Air putih sangat baik sebagai pelarut vitamin C dan B. Air perasan jeruk dapat ditambahkan oleh kita ke dalam air putih. Demikian pula air perasan dari buah-buahan dan sayur-mayur. Buah-buahan tertentu malah memiliki kandungan air yang sangat tinggi seperti semangka,tomat, timun dll.
Khasiat air putih sebagai pencegah dari serangan penyakit sudah diketahui banyak orang. Misalnya saja, air mencegah kita dari penderitaan sembelit (konstipasi). Air menjaga sel-sel kulit kita tetap kenyal dan elastic. Hal ini dapat menunda kulit kita mengalami keriputan. Bagi yang mudah terserang alergi, air akan menjaga selaput lendir di tenggorokan, hidung dan mata tetap lembab (Yusnu Imam N)



Ingin Sehat, Sediakan Selalu Air Putih Ingin Sehat, Sediakan Selalu Air Putih Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, January 17, 2013 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.