google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Taman Pintar Memberikan Wadah Berkreasi untuk Bangsa - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Taman Pintar Memberikan Wadah Berkreasi untuk Bangsa

Sejarah berdirinya Taman pintar yang berada di Jalan Panembahan Senopati 1-3 Yogyakarta dulu merupakan area Shopping Center. Pada saat menjadi shopping center situasi di sekeliling sangat kotor dan kumu. Karena kekotoran dan kekumuhan tersebut muncullah ide untuk di adakan tempat bermain Taman pintar. Kemudian dilakukanlah pembangunan pertama dengan relokasi pada tahun 2004 pada triwulan pertama. Sedangkan sebelum pembangunan pada triwulan yang kedua.

Melalui beberapa proses panjang dengan pihak terkait, akhirnya terjadilah kesepakatan. pada senin 20 Desember 2004 dilakukan peletakan batu pertama Genung Taman Pintar. Pembangunan Taman Pintar ini di lakukan beberapa tahap. Tahap pertama adalah Gedung Oval, tempat bermain Play Group dan PAUD, di susul dengan gedung Kotak, gedung Memorabia.

Gedung Oval ini merupakan tempat wisata yang menyajikan banyak pengetahuan hingga tingkat mahasiswa. Di dalam gedung oval terdiri dari Akuarium air tawar, kehidupan prasejerah manusia, tentang fisika, matematika, kimia dan Tata Surya. Banyak para pelajar dan mahasiswa datang ke taman pintar karena tempat yang nyaman dan memadahi. Seperti adanya layanan hotspot area di depan gedung oval. Mereka dapat mencari data di sana secara gratis.

Tahap pembangunan Taman Pintar selanjutnya dari Gedung Oval adalah dilakukannya Soft opening satu oleh Mendiknas Prof. Dr. Bambang Sudibyo di Gedung Play Group dan PAUD pada 20 mei 2006. Di gedung PAUD ini anak-anak di sediakan beberapa permainan menarik. Anak-anak bebas mengekspresikan kemauan mereka di sana sesenang hati. Para orangtua pun juga tidak perlu takut, di dalam wahana ini sudah terjaga.

Setelah Soft Opening pertama untuk Play Group dan PAUD adalah pembangunan kedua oleh mendiknas dan Menristek Gedung Oval lantai satu dan dua dan Gedung Kotak lantai satu pada 9 Juni 2007. gedung ini diadakan pembangunan penyempurnaan.

Selain pembangunan gedung di Taman Pintar yang dihadiri oleh beberapa pertinggi. Di depan halaman taman pintar juga terdapat tapak tilas dari beberapa mantan presiden. Diantaranya tapak kaki dan tangan dari BJ. Habibie, Srisultan Hamengku buana X, Susilo Bambang Yudhoyono dll. Di halaman Taman Pintar juga terdapat semacam monumen yang bertuliskan nama-nama Presiden yang dulu pernah menjabat.

Taman Pintar adalah satu-satu tempat wisata di Yogyakarta dengan segala aspek pembelajaran. Taman Pintar tempat belajar yang menyenangkan. Tempat belajar yang mencakup semua umur. Mulai dari anak-anak, hingga dewasa, Khususnya untuk pelajar. Di taman pintar menawarkan kegitan seperti Workshop, Kontes Robot, Panggung Kreatifitas, permainan Tradisional, belajar bermain Biola secara gratis dll. Taman pintar juga menyewakan tempat untuk para pelajar yang ingin mengadakan kegiatan sekolah secara gratis.

Taman Pintar salah satu tempat wisata di Jogjakarta yang menawarkan wahana bermain yang memberikan secara detail tentang beberapa materi yang berada di dalam sekolah. Di Taman Pintar memberikan alasan dan bukti secara kongkrit, hal ini agar para pengunjung mengerti alasan sebab terjadinya proses itu (baik itu proses matematika, fisika, dan kimia).

Taman Pintar hadir di Jogjakarta ingin menegaskan bahwa di Jogjakarta memang layak untuk di jadikan kota Pelajar. Mengingat hal ini pula, pihak pengelola Taman Pintar Tahun depan juga di percaya menjadi tuan rumah dalam rangka Penelitian Ilmiah seindonesia. Karena pada kesehariannya setiap kali diadakan lomba tingkat Nasional tuan rumah bertempat di Ibu kota, untuk tahun ini Jogjakarta menjadi tuan rumahnya. (Elisa)

diterbitkan oleh : Tabloid BIAS
edisi 4, 2010
Taman Pintar Memberikan Wadah Berkreasi untuk Bangsa Taman Pintar Memberikan Wadah Berkreasi untuk Bangsa Reviewed by Elisa ELisa on Wednesday, September 08, 2010 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.