FESTIVAL PELAJAR DIY 2019 : BERSAMA BERKOLABORASI DALAM KARYA

Kota Pelajar menjadi salah satu predikat yang telah lama tersemat pada Kota Yogyakarta. Tak heran, kota ini menjadi panutan dunia pendidikan baik akademis maupun non-akademis di Indonesia, sedikit aktivitas saja akan mendapat berbagai sorotan dari publik maupun media.


Mengusung semangat revitalisasi Kota Pelajar yang dibingkai dalam jargon “Bhinneka Mangun Karya”, panitia yang terdiri dari pelajar mengajak pelajar DIY melupakan segala bentuk perselisihan dan bersama-sama berkarya demi satu nama “Pelajar Jogja”. Forum Komunikasi Pengurus Osis (FKPO) DIY dibantu Dinas DIKPORA DIY untuk ketiga kali kembali menyelenggarakan Festival Pelajar DIY #3 2019 (FestPel), yang hadir menjadi salah satu kegiatan kesenian yang diinisiasi dan dilaksanakan oleh pelajar dan untuk pelajar di seluruh DIY.

Diselenggarakan pada tanggal 21 September, 2019 di Jogja Nasional Museum, FestPel diharapkan dapat menciptakan wadah untuk mempersatukan dan mengapresiasi pelajar-pelajar di Yogyakarta.  

Faeyza Danish Shagufta atau akrab disapa Danish (SMA N 1 Yogyakarta) selaku ketua 1 panitia menjelaskan bahwa FestPel berawal dari gagasan angkatan 2018 di tahun 2017, mereka setuju untuk bersama-sama mengadakan acara yang bisa dinikmati seluruh pelajar Yogyakarta. “Awalnya hanya pada lingkup Kota Jogja, namun pada tahun kedua FestPel memperluas jangakauan hingga ke tingkat provinsi. Jadi kami berharap agar seluruh pelajar kota dan kabupaten mampu memeriahkan acara ini bersama.”

Selain hiburan di panggung dan tersedia juga berbagai macam kegiatan yang diadakan untuk membangun semangat berkarya dan memberikan penghargaan kepada sesama pelajar seperti perlombaan jurnalistik, seni kriya, dan film pendek. Sedangkan untuk penganugrahan yang diberikan diantaranya berupa putra putri pelajar, putra putri olahraga, dan putra putri seni. Di luar itu disuguhkan stan-stan pameran sebagai tempat untuk para pelajar menunjukkan kreasi mereka. Sebelum acara puncak pun diadakan road show ke lima sekolah di DIY, SMK N 6 Yogyakarta, SMA 1 Jetis, SMA N 1 Gamping, SMA N 1 Bantul, SMA N 2 Wates yang telah dimulai sejak Agustus 2019.

Pensi Festival Pelajar 2019 turut dimeriahkan artis nasional seperti Rahmania Astrini, Om Wawes, dan Jemari Lembut. Acara ini total melibatkan 3000 pelajar sebagai panitia, volunteer, guest star, peserta lomba, dan hadirin mulai dari road show hingga hari H.

Meskipun kegiatan berjalan dengan lancar dan cukup sukses. Namun tak dipungkiri, Danis mengaku masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi. “Kami harus bisa lebih merangkul teman-teman di daerah yang berada jauh dari pusat kota, meskipun kami telah melakukan roadshow, namun kehadiran teman-teman di daerah masih belum maksimal. Kami harus memperbaiki itu,” tukasnya.

Danish berharap semoga banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan ini, “Kami melihat secara pribadi nilai-nilai yang diperjuangkan dari festival pelajar ini. Tahun ini animonya sangat baik dan teman-teman begitu antusias menyambut Festpel. Kami harap selanjutnya semakin banyak peserta yang terlibat membuat semakin eratnya persatuan yang terjalin, terlebih antarpelajar di DIY.”  (Adhisti - Intan)


Dipublikasikan di Tabloid BIAS Edisi 1 | 2019

FESTIVAL PELAJAR DIY 2019 : BERSAMA BERKOLABORASI DALAM KARYA FESTIVAL PELAJAR DIY 2019 : BERSAMA BERKOLABORASI DALAM KARYA Reviewed by elisa on Monday, August 16, 2021 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.