DOSEN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BANTU MENINGKATKAN PRODUKSI IKM DENGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA

 

Tim Dosen UPN “Veteran” Yogyakarta memberikan bantuan Mesin Pemarut Kelapa dan Mesin Sablon Cup pada UKM “HANA SNACK” di Dusun Kawsen Srimartani, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk melaksanakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen yaitu selain harus mendidik, meneliti, juga mengabdi pada masyarakat.

Pengabdian bagi Masyarakat (PbM) bertujuan untuk mentransfer Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang di Perguruan Tinggi kepada masyarakat. Dengan program ini masyarakat diharapkan akan lebih berdaya dalam mengembangkan usahanya. Sasaran program PbM bagi IKM adalah untuk meningkatkan kemampuan produksi, pemasaran, dan manajemen usaha.

“HANA SNACK” merupakan salah satu bentuk usaha warga yang terdiri dari beberapa keluarga yang memproduksi berbagai macam makanan untuk keperluan hajatan dan lain sebagainya khususnya pembuatan makanan tradisional basah, jenang sumsum, jenang biji salak dan nogosari. Usaha ini telah memiliki langganan yang banyak, terbukti dari derasnya pesanan yang sering diterima dan telah menjangkau sampai luar daerah (provinsi) melalui pemesanan online. Seiring dengan perkembangan pesanan yang semakin besar maka permasalahan muncul dengan keterbatasan kemampuan produksi. Maka, dibutuhkan sarana pembantu berupa Teknolgi Tepat Guna (TTG) untuk memenuhi permintaan konsumen dan menjaga kualitas produk.

Yogyakarta merupakan kota Pendidikan dan Budaya. Gubernur DIY telah menyampaikan bahwa DIY memiliki kearifan lokal. Sejalan dengan itu, maka potensi daerah yang menjadi ciri khas wilayah terus didukung perkembangannya.

Masyarakat mayoritas bermata pencaharian sebagai petani merupakan aset yang menguntungkan, sebab sangat mendukung dalam ketersediaan baban baku produksi kelompok usaha masyarakat yang sebagian besar adalah hasil bumi. Curah hujan yang setiap tahun rutin turun ditambah aliran air sungai maupun parit yang lancar mendukung perputaran pertanian dan pertumbuhan tanaman di sana.

Wilayah Srimartani terletak di lokasi yang sangat strategis karena memiliki pasar tradisional “Pasar Kembangsari” yang merupakan sentral jual beli warga di wilayah Srimartani dan sekitarnya. Setiap hari, pasar ini beroperasi dengan omzet yang besar dan perputaran ekonomi yang tinggi. Letaknya juga di jalur strategis menuju kawasan wisata Gunung Api Purba ‘Nglanggeran” yang sedang berkembang dan banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan objek wisata “Embung Nglanggeran” dengan pemandangan danau di atas bukit kini sedang naik daun dan menarik banyak wisatawan.

Disamping memberikan bantuan teknologi, pengabdian masyarakat juga dilakukan dalam bentuk pendampingan usaha dan pelatihan. Terjadi hubungan yang harmonis antara pelaku usaha dan akademisi dimana pelaku usaha memperoleh pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan usahanya sedangkan akademisi bisa melaksanakan kewajiban menyalurkan ilmu dan teknologi di Perguruan Tinggi disamping publikasi sebagai syarat dalam kenaikan jabatan maupun pangkat/golongan. (Irukawa Elisa)

 

DOSEN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BANTU MENINGKATKAN PRODUKSI IKM DENGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DOSEN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BANTU MENINGKATKAN PRODUKSI IKM DENGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA Reviewed by elisa on Monday, August 09, 2021 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.