Solusi Pengunci Pintu Otomatis : WALS (Wireless Automatic Locking System)

 

Kejadian yang terkadang terjadi adalah orang-orang lupa untuk mengunci pintu rumahnya karena alasan sibuk atau terburu-buru. Hal ini merupakan masalah yang sangat sering dialami oleh masyarakat umum. Hal ini juga akan menyebabkan kebanyakan orang khawatir dan gelisah akan keamanan rumahnya. Mungkin sang pemilik rumah akan memnita bantuan tetangganya atau saudaranya untuk membantu menjaga rumahnya. Akan tetapi bila terjadi kondisi dimana tidak ada yang bisa dimintai bantuan untuk menjaga rumahnya, maka akan menyebabkan kekhawatiran yang lebih pada sang pemilik rumah. Karena masalah lupanya mengunci pintu ini sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab, maka pemilik rumah dituntut untuk lebih berhati-hati ketika meninggalkan rumah. Meskipun demikian, masih saja banyak orang yang lupa akan mengunci pintu rumahnya.

Foto: Linda 

Muhammad Nur Fathi (17) dan Muhammad Wahid Ardiyanto (17) adalah dua siswa yang duduk di kelas XII Usaha Perjalanan Wisata yang mengikuti ekstrakurikuler Karya Ilmiah Siswa (KIS) di SMK N 7 Yogyakarta berhasil menciptakan suatu produk inovasi, yang diberi nama WALS (Wireless Automatic Locking System).

WALS (Wireless Automatic Locking System) merupakan alat yang dibuat untuk mengunci pintu rumah yang bekerja secara otomatis dengan sistem program arduino yang dapat mengunci pintu rumah secara otomatis sehingga apabila pemilik rumah lupa menguncinya rumah tetap aman tidak mudah dibobol.

Kelebihan dari inovasi yang dibuat oleh kedua siswa ini adalah Wireless, alat ini menggunakan teknologi wireless dengan jangkauan mencapai 8 meter. Auto Lock System, selain itu terdapat fitur auto lock, jadi jika lupa mengunci pintu selama 60 detik. PIN, alat ini juga dapat diakses mrenggunakan PIN yang telah disediakan, jadi apabila remot hilang atau tertinggal di dalam rumah maka anda dapat membukanya melalui PIN. Selain itu karya inovasi yang diciptakan oleh Fathi dan Wahid juga terbukti telah mendapat kejuaraan dalam Pameran Klinik Sains 2018 dan mendapat Juara 2 tingkat provinsi.

“Adapun manfaat WALS, seperti mengatasi permasalahan tentang lupanya mengunci pintu rumah dan rumah tidak dapat dimasuki oleh oknum-oknum yang ingin mencuri barang di rumah . Harapannya ketika masyarakat menggunakan pengunci otomatis, masyarakat tidak perlu khawatir apabila lupa mengunci pintu rumah ketika sedang berpergian keluar rumah,” jelas Fathi.

Wahid juga menjelaskan perbedaan WALS dengan Kunci biasa yaitu apabila berada ditempat gelap tidak perlu mencari lubang kunci. Apabila kunci atau remot hilang dapat menggunakan PIN. Kunci digantikan dengan remot. Jika baterai remot habis ganti saja menggunakan baterai jam. Kata sandi PIN dapat diganti-ganti. (Linda)


Solusi Pengunci Pintu Otomatis : WALS (Wireless Automatic Locking System) Solusi Pengunci Pintu Otomatis : WALS (Wireless Automatic Locking System) Reviewed by elisa on Friday, October 16, 2020 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.