Penjurusan Kelas X Melatih Pelajar Mengambil Keputusan Secara Dini


Siswa-siswa yang mempunyai kemampuan sains dan ilmu eksakta yang baik, biasanya akan memilih jurusan IPA. Begitu sebaliknya, siswa yang memiliki minat pada sosial dan ekonomi akan memilih jurusan IPS. Berapa sekolah Menengah Atas kini ada juga yang membuka jurusan Bahasa, yang dikhususkan untuk siswa yang memiliki minat bahasa.
Foto Ilustri: Tim Duta Museum 2016
Pemerintah, khususnya pemerintah pendidikan terus melakukan evaluasi dan perubahan pendidikan. Salah satunya mengarahkan sejak dini penjurusan, dengan cara pemilihan penjurusan dilakukan sejak siswa masuk ke SMA. Harapannya siswa memiliki waktu lebih lama pada jurusan yang dipilihnya. Berikut beberapa pendapat beberapa pelajar di Yogyakarta.
Budi Santoso, salah satu pelajar SMKN 7 Yogyakarta tidak begitu terkena dampak penjurusan bagi pelajar SMA. Karena sejak awal dirinya memang sudah ingin masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan. Menurut pelajar yang berusia 17 tahun terkait penjurusan bagi pelajar SMA dilakukan sejak kelas X hampir sama dengan sekolah kejuruan. Prinsip mengambil jurusan dipilih berdasarkan dengan minat dan tujuan atas dasar keinginan diri sendiri, bukan karena paksaan atau ingin dinilai oleh oranglain. Harapannya agar selama menjalani kegiatan pembelajaran terasa lebih menyenangkan.
Secara pribadi, siswa yang hobi main games ini penjurusan untuk SMA lebih efektif ketika kelas XI.
“Karena saat di kelas X adalah masa transisi dan bisa memilih secara matang jurusan yang pas dengan karakteristik mereka. Setelah kelas XI baru akan ada penjurusan,” tegas Budi.
Lain lagi dengan pendapat Siswi SMAN 3 Bantul, Julia Putri Nur Isma, menurutnya penjurusan itu sangat penting. Setidaknya adannya penjurusan memudahkan untuk mengetahui potensinya. Hal yang menarik selama proses penjurusan adalah kebimbangan dan keraguan ingin memilih jurusan IPA, IPS atau Bahasa. Pemilihan jurusan dianggap sebagai keputusan yang sulit.
Julia menyangkal hal tersebut, menurutnya penjurusan itu mudah. Jika memilih menggunakan hati nurani pemilihan jurusan akan mudah. Sebaliknya, jika pemilihan jurusan karena dipengaruhi oleh tuntutan orangtua, tuntutan gengsi maka pemilihan jurusan menyebabkan kepala pusing.
“Jika memang tidak tahu apa yang diinginkan, bisa memilih jurusan berdasarkan hasil test penjurusan,” Tegas siswi jurusan IPA. Ia pun menambahkan, jurusan yang sudah Ia pilih merasa menikmatinya. Karena bisa memperluas wawasan IPA dan Matematika. (Linda, Elisa)



Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 2, 2018

Penjurusan Kelas X Melatih Pelajar Mengambil Keputusan Secara Dini Penjurusan Kelas X Melatih Pelajar Mengambil Keputusan Secara Dini Reviewed by aquaphonik mulyo on Saturday, February 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.