Melvine Sekar Jatuh Cinta Dengan Bahasa Jawa Lewat Macapat dan Geguritan


Melvine Sekar Ayu Utami Wijaya mengenali Macapat dan Geguritan dengan cara mengikuti perlombaan. Setiap kali ada lomba macapat dan gegurita Ia pun mengikutinya. Nampaknya gadis dari pasangan Mikael Dammar Bagus Wijaya dan Ibu Parmi Djana memiliki bakat dibidang bahasa, khususnya macapat dan geguritan.
Foto: Sambu
Melvine, begitulah sapaannya.  Usai pemotretan, Melvine menceritakan pertamakali Ia mengenal Geguritan dan Macapat. Awalnya, sejak kelas X sampai XI Ia selalu ikut Festival Lomba Seni Siswa Nasional  (FLS2N), sayang rejeki kejuaraan belum berpihak pada siswa yang sekarang di SMAN 1 Pajangan Bantul. Melvine yang kini kelas XII MIPA tidak menyerah begitu saja, Ketika guru sekolah menawarkan lomba Geguritan di sekolah, tidak ada satupun siswa yang tertarik. Akhirnya, Melvine memberanikan diri untuk mencoba lomba tersebut.
Mengikuti lomba geguratan adalah pengalaman pertamannya. Sebelumnya, dirinya tidak tahu sama sekali. Melvin mencoba menantang pada dirinya sendiri, dan menantang keterbatasan yang dia miliki. Mengingat dirinya lahir dari Tanggeran dan besar di Tangeran. Dulu, sempat saat pertamakali datang ke Jogja, dirinya sempat khawatir dan nangis dengan soal bahasa jawa karena tidak tahu artinya. Kini, Ia berhadapan dengan bahasa jawa dan lomba macapat dan geguritan.
Melvine mewakili sekolah tingkat kabupaten dalam ajang lomba membaca geguritan untuk yang pertamakalinya. Siapa yang menyangka jika Melvin juara 1 tingkat kabupaten. Wajar jika Melvine merasa kaget dan tidak percaya atas capaian yang diraihnya. Menggingat ini pertamakalinya dia ikut dan pertamakalinya pula Ia belajar geguritan. Melihat bakat dan potensi yang dimiliki Melvin, guru sekolah pun menawarkan lomba Mocopat. Gadis kelahiran tangeran, 7 Desember 2001 inipun menerima tawaran itu.
Lomba Macapat tingkat kabupaten Mervine langsung mendapatkan juara 2. Ia juga ditunjuk mewakili lomba Macapat tingkat propinsi. Meski tidak mendapatkan juara 1, Ia mendapatkan harapan pertama. Melvin selalu melihat sisi positif, meskipun Ia mendapatkan harapan 1, Ia sudah termasuk beruntung. “Mereka yang juara memang sudah latihan dan memulai sejak SMP,” paparnya.
Hal positif yang Melvin rasakan setelah mengenal tentang macapat dan geguritan ada banyak. Ia pun tahu tentang ilmu slendro yang terbagi menjadi tiga jenis. Ia pun juga tahu bagiamana cara membacakan macapat dan geguritan yang baik dan benar. Ilmu-ilmu semacam ini ia dapatkan lewat seminar khusus bagi para peserta lomba.
“Aku merasa beruntung dapat ilmu itu, aku baru tahu dan lebih mencintai bahasa jawa,” paparnya.
Selain memperoleh ilmu seputar macapat dan geguritan, jiwa nasionalisnya pun mulai tumbuh. Setiap kali Ia membacakan geguritan atau macapat, Ia merasa bergetar. Semacam muncul semangat dan nasionalisme yang meletup-letup. Ia pun menyadari pentingnya melestarikan bahasa daerah di tengah-tengah anak muda yang bangga menggunakan bahasa asing.
“Kenapa orang kita suka budaya asing, padahal orang asing suka budaya kita,” imbuhnya.
Melvin pun tidak merasa malu dengan prestasi yang diraihnya. Meskipun Ia tidak juara bahasa inggris. Ada banyak cara menuju ke Roma atau ke luar negeri. Seperti yang disampaikan oleh pelajar yang memiliki hobi membaca dan bermain musik, “Teman saya bisa ke luar negeri mengenalkan bahasa jawa ke orang asing dan pergi ke sana,” paparnya. Dari situlah, orang ke luar negeri bisa jadi karena justru membawa budaya daerahnya untuk diperkenalkan di sana. Melvin berharap semoga bahasa jawa dan berbau jawa bisa diterima. Tidak melupakan bahasa daerah yang semakin luntur. (Elisa)

Prestasi:
1.    Mengikuti Paskibraka Tingkat Kecamatan Pajangan. 2017
2.    Juara 4 Festival Band Pelajar, Tingkat DIY. 2016
3.    Juara 1 Lomba Baca Kitab Suci Injil Berbahasa Jawa, Tingkat DIY. 2018
4.    Juara 4 Baca Geguritan Tingkat Kabupaten Bantul. 2018
5.    Juara 2 Macapat, Tingkat Kabupaten Bantul . 2018
6.    Juara 4 Macapat Tingkat Propinsi Yogyakarta. 2018


Melvine Sekar Jatuh Cinta Dengan Bahasa Jawa Lewat Macapat dan Geguritan Melvine Sekar Jatuh Cinta Dengan Bahasa Jawa Lewat Macapat dan Geguritan Reviewed by aquaphonik mulyo on Wednesday, February 27, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.