Klinik Sains Yogyakarta 2017


Suasana di Gedung Pamungkas Kridosono nampak berbeda dengan hari-hari biasanya. Selasa – Rabu (10-11 Oktober 2017) terlihat puluhan stand yang berdiri dan memuat hasil karya siswa siswi SMK seluruh DIY. Hasil produk mereka antara lain, olahan aneka makanan, minuman, serta berbagai produk yanng berguna untuk kehidupan sehari-hari. Klinik Sains merupakan suatu kegiatan tahunan rutin yang diadakan oleh Disdikpora  guna meningkatkan kreativitas remaja dan memamerkan hasil karya mereka kepada publik. Klinik Sains tahun ini terdiri dari 50 stand yang terpilih dari 100 proposal karya siswa yang mendaftarkan diri.
Beberapa SMK di wilayah DIY dari negeri ataupun swasta turut berpartisipasi dalam ajang tahunan siswa ini. Salah satunya adalah SMK Kesehatan Insan Mulia Yogyakarta, sekolah berlatarbelakang kesehatan ini sengaja memilih produk Infused water dan pemanfaatan kulit salak sebagai bahan pembuatan tas. Hal tersebut ditujukan untuk memanfaatkan limbah yang notabane nya sudah tidak berguna lagi, kemudian diolah menjadi barang yang bernilai tinggi dan bermanfaat.
Infused water merupakan salah satu produk minuman yang turut hadir memeriahkan pameran tersebut. Minuman berbahan dasar tanaman-tanaman herbal itu dapat menimbulkan beberapa dampak positf bagi kesehatan konsumen.
“Kami sengaja memilih produk ini karena ingin mengenalkan kepada masyarakat akan manfaat tanaman herbal yang seringkali diabaikan dengan suatu kemasan produk yang lebih modern.” Ungkap Virama siswi SMK Kesehatan Insan Mulia beberapa waktu yang lalu ketika ditemui diacara Pameran Klinik Sains.
“ Produk yang kami kenalkan kali ini merupakan pemanfaatan kulit salak sebagai bahan pembuatan tas ataupun dompet.  Tujuan kami membuat produk ini karena merasa prihatin dengan limbah kulit salak yang melimpah sehingga muncul ide untuk memanfaatkan limbah tersebut. Saya merasa bangga dan senang bisa mengikuti acara ini dan berhasil meraih juara ke-2. Saya berharap pameran Klinik Sains ini bisa menjadikan siswa-siswi menjadi lebih kreatif dan inovatif  lagi, serta acara kedepannya lebih menarik dan berinovatif,” Papar Mia (16) Salah satu siswi SMK Kesehatan Insan Mulia, Yogyakarta ketika ditemui saat diacara Pameran Klinik Sains. (Dhea)


Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 4, 2017
Klinik Sains Yogyakarta 2017 Klinik Sains Yogyakarta 2017 Reviewed by Unknown on Saturday, February 02, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.