google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Mengikuti Ekskul Daijobu Menambah Wawasan & Ketrampilan - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Mengikuti Ekskul Daijobu Menambah Wawasan & Ketrampilan

Siswa SMAN 2 Wonosari membuat ekskul Daijobu. Ekskul jejepangan yang mengupas habis berbau dengan Jepang.Mulai dari Kosplai, Bagaimana belajar hand made ala Jepang, mengenal kebudayaan Jepang, Ketrampilan membuat Manga, sampai mengenal makanan khas Jepang, dan anggota bisa belajar membuat makanan tersebut. Mengikuti ekskul Jejepangan ini memberikan ketrampilan bagi mereka.
Tepat setahun ekskul ini berdiri, anggota Daijobu berinisiatif mengadakan ivent dengan tema “Hi Japan”. Diselenggarakan pada 17 April 2016 berjalan sangat meriah. Briliana Wijaya, sebagai salah satu panitia tidak pernah menyangka bahwa kegiatan yang diadakan mendapatkan reaksi yang luar biasa. Mulai dari tempat pameran makanan sampai serentetan kegiatan yang diadakan sambutannya diluar ekspektasi. Bahkan, parkir pun disulap menjadi tempat pameran, dipenuhi oleh siswa SMA N 2 Wonosari dan semua guru maupun karyawan.
Makanan yang dipamerkan ludes dalam sekejap. Sampai-sampai harus membuat makanan di tempat pameran akibat kekurangna stok dan banyak peminatnya. Lian, yang masih kelas XI jurusan Bahasa bahagia mendapat sambutan. Bahwa kerja kera, membuat makanan hingga dini hari di sekolah tidak sia-sia. Resep makanan khas Jepang seperti Dorayaki, Takoyaki dan Susi sengaja mereka buat disesuaikan dengan lidah lokal. Misalnya, makanan Dorayaki isinya di ganti dengan ketan. Susi diganti dengan abon.
Dalam acara tersebut dibagi menjadi dua acara, formal dan non formal. Kegiatan formal dibentuk dengan seminar, talk show dan sering bersama. Sedangkan untuk acara non formal terdapat tutorial make up, tutorial membuat mangga dan kospley. “Sebenarnya kegiatan ini kita adakan karena ingin memberikan wadah bagi teman-teman yang memang suka dengan jejepangan. Bagi yang pintar menggambar, kita juga sediakan wadah buat mereka,” tegas Lian.
Adapun manfaat yang diperoleh Lian dan teman-teman. Selain mendapatkan pengalaman dan belajar berorganisasi, manfaat lain mengikuti Daijobu juga menambah ketrampilan dalam banyak hal. Mulai dari ketrampilan memasak, membuat handmade, dan belajar ketrampilan mengambar manga.

Ketika disinggung perihal alasan kenapa seolah membanggakan negara Jepang. Dan kenapa tidak membuat ekskul yang erat dengan kultur jawa Lian pun menjelaskan mengungkapkan alasannya. “Karena di sekolah sudah ada sendiri. misalnya setiap kali peringatan Kartini, dan kegiatan sekolah juga sering mengadakan ivent yang mengangkap kearifan lokal. Jadi, kita hanya ingin menciptakan keberagaman saja,” jelas Lian yang juga sebagai anggota Daijobu. (Elisa & Intan)

Dipublikasikan Tabloid BIAS edisi 3||2016
Mengikuti Ekskul Daijobu Menambah Wawasan & Ketrampilan Mengikuti Ekskul Daijobu Menambah Wawasan & Ketrampilan Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, December 29, 2016 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.