google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Bisnis Internet Sejak SMA - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Bisnis Internet Sejak SMA



Suasana El Rahma (foto : Elisa)

Mahasiswa STMIK El- Rahma Yogyakarta fakultas Teknik Informatika mengadakan pelatihan Penggunaan Internet secara Tepat. Pelatihan ini diselenggarakan oleh kerjasama mahasiswa kelompok Teknik informatika satu yang diketuai oleh Lia Amalia dan Kelompok dua diketuai oleh Mike Abdilah. Kedua kelompok ini berkolabori membentuk sebuah event pertama mereka dengan tema. “Memanfaatkan Internet dapat Bajet”.
Pelatihan  diikuti pelajar SMA yang tersebar di Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta, Pada 14 November 2011. Pelatihan ini bersifat terbuka. Kebanyakan peserta yang ikut adalah teman dan tetangga dari mahasiswa dari El-Rahma itu sendiri. Pelatihan ini bersifat terbuka dan gratis. 
Menurut panitia penyelenggara Mike Abdilah saat ditemui di kampus sehari setelah pelatihan berlangsung, tujuan dari pelatihan selain tugas dari kampus, ingin mengetahui seberapa penting manfaat internet bagi para pelajar, sejauh apa mereka memanfaatkan internet dalam kehidupan mereka.
Banyaknya situs-situs internet seperti facebook dan beberapa fasilitas yang ada banyak yang disalahgunakan. Misalnya untuk bermain game dan hal-hal yang pornografi. Alasan inilah yang mendorong dua kelompok berinisiatif berkolaborasi mengadakan pelatihan Penggunaan Internet Secara Tepat.
Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika ingin secara langsung mengetahui sejauh mana para pelajar SMA memanfaatkan internet.  Sekaligus mencoba belajar berani mengadakan kegiatan-kegiatan untuk menambah pengalaman. Dalam pelatihannya di jelaskan tentang beberapa jejaring seperti Blog, Website dan bagaimana memanfaatkan layanan Internet seperti Facebook sebagai media pertukaran informasi yang menjanjikan.

“Hampir semua pelajar mempunyai blog dan facebook hanya sebagai formalitas dan tidak begitu di perhatikan. Tetapi kedua jejaring ini bisa disulap menjadi peluang”, jelas mike, selaku panitia penyelenggara panitia 2.
Lia Amalia Panitia penyelenggara dari kelompok 1 menambahkan bahwa salah satu cara mempromosikan blog lewat internet bisa melalui Facebook. Dimana facebook merupakan jejaring yang paling banyak penggunanya  dijadikan ajang promosi. Bentuk promosi itu misalnya membuat sebuah grop di Facebook yang menyajikan konten cuplikan tulisan yang telah dibuat di blog.
 “Jadi pelatihan ini mencoba membuka sudut yang berbeda pada pelajar SMA, bahwa masih banyak yang dikembangkan selain update status yang tidak jelas”, tambah Lia Amalia.
“Pelatihan ini sangat menarik, meski ini pengalaman mereka dalam memberikan pelatihan, setidaknya khususnya buat pribadiku sendiri dapat pencerahan dan ide segar untuk kembali menghidupkan blogku yang jarang ter-up date”, Jelas Indah salah satu pelajar di bantul yang duduk di kelas XI IPA I. (Elisa)

Tulisan ini dimuat di Tabloid BIAS
Edisi 8, 2011
Bisnis Internet Sejak SMA Bisnis Internet Sejak SMA Reviewed by Elisa ELisa on Monday, January 28, 2013 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.