PEVITA : Perpustakaan Alternatif Yogyakarta Selatan - 24 Jam Melayani Demi Mempermudah Akses Literasi

 Meningkatkan minat baca masyarakat adalah misi yang akan selalu digalakkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, hal tersebut dilakukan salah satunya dengan menghadirkan perpustakaan alternatif yang berada di wilayah selatan Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Mayjend Sutoyo No. 32, Yogyakarta.

Foto : Adhisti

Menariknya perpustakaan yang diresmikan pada 1 November 2018 ini diberi julukan tersendiri, Pevita, yaitu kepanjangan dari Perpustakaan Alternatif Yogyakarta Selatan. Fasilitas yang ditawarkan sangat memadai, tidak berbeda dengan Perpustakaan Kota yang berada di Kotabaru; Air Conditioner, komputer, sambungan internet atau wifi, ruang diskusi, ruang khusus anak dengan Alat Peraga Edukasi (APE), air minum isi ulang, dan lain sebagainya.

 “Selain untuk meningkatkan minat baca, perpustakaan juga dibuka dengan tujuan memecah kepadatan pengunjung yang datang ke Perpustakaan Daerah Yogyakarta yang terletak di Kotabaru, dikarenakan animo yang sangat besar. Kami ingin memberikan akses informasi dan koleksi buku yang lebih mudah pagi penduduk terutama yang berdomisili di wilayah selatan,” tutur Zaini Setyo, selaku Tenaga Teknis Pevita.

Ia juga menambahkan bahwa salah satu hal yang unik di sini adalah setiap fasilitas dan agenda Pevita diberi nama berdasarkan nama-nama perempuan. Ada Raisa—ruang diskusi bersama, Tamara—taman sambung rasa (penayangan film setiap Sabtu malam), Aleksa—ada koleksi lokal konten Yogyakarta, Belinda—layanan blind corner untuk Anda, dan masih banyak lagi.

Meskipun belum sebanyak koleksi yang ada di Perpustakaan Pusat Kota Yogyakarta. Namun, jenis koleksi yang ada tetap akan disamakan. Hingga saat ini, koleksi buku yang ada di Pevita sudah mencapai kurang lebih enam ribu eksemplar, terdiri dari berbagai macam jenis buku. Secara berkala, jumlah koleksi di Pevita akan terus ditambah.

“Saat ini Pevita membuka pelayanan setiap hari selama 24 jam, untuk sambungan internet di bagian luar. Sementara untuk akses bagian dalam kami buka umumnya pada pukul 9 pagi hingga 12 malam, namun untuk hari Senin kami baru buka pukul 1 siang,” ujarnya. 

Dengan dibukanya Pevita, ia berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik, khususnya untuk yang berkediaman di Kota Yogyakarta. Tentu, pihaknya pun berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Sehingga dapat menimbulkan minat baca yang juga semakin meningkat pada setiap kalangan. (Adhisti)

Dipublikasi Tabloid BIAS, Edisi 2, 2019


PEVITA : Perpustakaan Alternatif Yogyakarta Selatan - 24 Jam Melayani Demi Mempermudah Akses Literasi PEVITA : Perpustakaan Alternatif Yogyakarta Selatan - 24 Jam Melayani Demi Mempermudah Akses Literasi Reviewed by elisa on Tuesday, April 12, 2022 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.