Fakta Kentut Yang Sering Diabaikan! Kenali Agar Bisa Menjaga kesehatan


Dalam sehari, Anda kentut berapa kali? Banyak orang yang menahan kentut karena dapat menganggu orang lain. Tapi tahukah kamu, ternyata kentut sebenarnya mekanisme tubuh menjaga kesehatan. Apabila biasa menahan kentut, justru dapat tidak baik untuk tubuh kita.
foto: klikdokter.com
Berbicara tentang kentut, dikatakan normal kentut apabila dalam sehari sebanyak 14-23 kali. Jika lebih dari itu, maka kentut Anda sudah berlebihan. Memang, terkait dengan jumlah kentut, setiap orang berbeda-beda, ada yang kentung sebanyak 5 kali sampai 10 kali kentut itu dikatakan normal. 
Pendapat Para Ahli
Menurut Massachusetts General Hospital, dr. Kyle Staller menyampaikan bahwa setiap orang mampu menyimpan 0,5 sampai 1,5 liter gas. Gas tersebut disimpan di sepanjang saluran pencernaan. Sumber gas-gas tersebut umumnya muncul ketika menelan udara, ketika sedang makan, sedang minum dan masih banyak lagi.
Selain disebabkan oleh karena minuman, gas tersebut bisa saja dihasilkan oleh bakteri di usus. Mengingat di dalam perut manusia terdapat bakteri baik yang akan membantu mencerna makanan. Dari hasil pencernaan inilah yang akhirnya menghasilkan gas.
Kenapa kentut bisa bau?
Tidak dapat dipungkiri bahwa seringkali saat kentut, kadang bau dan kadang tidak bau sama sekali. Kentut yang sehari banyak, rerata tidak disertai bau. Adapun penyebab kentut bau, dikarenakan kentut yang dikeluarkan mengandung sulfur. Sulfur tersebut biasannya dihasilkan oleh bakteri yang ada di usus besar.  
Sering kentut? Ini Penyebabnya
Kentut memang menunjukan bahwa tubuh dalam kondisi sehat. Namun, jika kentut secara berlebihan, itu mengindikasikan ada sesuatu hal yang tidak beres di dalam pencernaan tubuh. Ketika Anda terlalu banyak makan makanan yang memiliki banyak gas, tentu ini akan memicu untuk mengeluarkan kentut secara berlebih.
Makanan yang memilki kandungan gas ternyata tidak selalu dalam bentuk soda. Bahkan makanan sayur buah juga bisa mengandung gas. Misalnya sawi, nangka, nanas, lobak dan ubi jalar juga ternyata memiliki gas yang dapat memicu kita untuk kentut.
Itulah beberapa fakta kentut yang sebenarnya harus di syukuri. Bukan justru menahan kentut karena rasa malu. (Elisa)
Fakta Kentut Yang Sering Diabaikan! Kenali Agar Bisa Menjaga kesehatan Fakta Kentut Yang Sering Diabaikan! Kenali Agar Bisa Menjaga kesehatan Reviewed by aquaphonik mulyo on Sunday, March 03, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.