Adela Oktaviannisa Krisna A Tekuni Taekwondo Antar Adel Go Internasional Sejak SMA


Adela Oktaviannisa Krisna Aryati atau yang akrab di sapa Adel Go Internasional di cabang olahraga Taekwondo.  Siapa yang mengira jika gadis kelahiran Sleman 25 Oktober 2002 mampu mengharumkan Yogyakarta di tingkat Internasinal. Beberapa prestasi pernah Ia bawa pulang. Dibalik kesuksesan Adel membangun karir dibidang olahraga ternyata memiliki cerita menarik.
Foto: Dokpri Adel
Adel, saat ditemui di salah satu Kafe di Bantul beberapa hari lalu menceritakan awal ketertarikannya terhadap olahraga Taekwondo. Pasalnya, pertamakali Ia mengenal Taekwondo sejak masih SD. Sejak SD Adel menekuni olahraga sampai kelas 5 SD. Di bangku SD pun Ia juga pernah memperoleh perunggu.
Usaha Adel menekuni Taekwondo pun pernah mengalami pasang surut. Ketika menginjak kelas 6 SD, Adel memutuskan cuti latihan dan cuti tidak mengikuti ajang kejuaraan karena fokus mempersiapkan ujian sekolah. Setahun lebih Ia tidak melanjutkan olahraga. Sampai masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Adel kembali disibukan dengan rutinitas sekolah dan ekstrakurikuler. Salah satu ekstrakurikuler ada ekstra Taekwondo. Di sinilah Adel kembali terdorong melanjutkan latihan.
Melalui pertimbangan yang matang dan dorongan orangtua, Adel memutuskan kembali ke tempat latihan asal dan kembali melanjutkan menjadi soerang atlit Taekwondo. Tahun pertama memulai latihan, Adel langsung mengikuti kejuaraan dan langsung mendapatkan Perunggu. Dimata orang, pertamakali setelah beberapa vakum langsung memperoleh perunggu, tentu ini sudah capaian yang bagus. Namun bagi Adel ini capaian yang menantangnya, karena Ia ingin memperoleh capaian yang lebih baik.
“Dulu waktu pertamakali saya spesialis perunggu, dan aku sempat down, berkat kakak senior, akupun belajar untuk semangat mencapai target,” paparnya. Berawal dari situlah Adel memiliki target dan berhasil mencapai target secara bertahap. Secara bertahap memperoleh perak dan memperoleh emas. Berkat capaian target yang baik inilah, akhirnya adel diangkat sebagai senior Taekwondo di club tempat Ia berlatih, di Jogjakarta Taekwondo School (JTS)
Setiap perjuangan ada sandungan, begitulah yang juga dirasakan Adel. Ia bercerita pernah mengalami cidera akibat pertandingan taekwondo. Adel mengalami cidera ligamen di bagian kaki. Cidera yang dialaminya tidak menghentikan langkah, meskipun saat cidera mengharuskan ia tidak bisa berlatih sama sekali. Adel tetap melanjutkan hobinya sampai detik sekarang.
Tidak hanya berprestasi secara dibidang olahraga, Adel salah satu pelajar yang berprestasi secara akademik. Secara akademik, Ia termasuk 5 besar. Kunci kesuksesan Adel adalah disiplin waktu. Selain disiplin waktu, Adel membuat list tugas yang diberikan guru. Ia meminta salah satu teman karibnya untuk mencatat tugas yang harus dikumpulkan. Adel pun selalu menargetkan semua pekerjaan harus selesai sebelum jam tidur malam. Biasannya waktu mengerjakan tugas dilakukan setelah latihan Taekwondo. Ia mengerjakan di waktu luang yang relative sedikit.  
Siapa yang sangka pelajar kelahiran Oktober ini memiliki banyak kegiatan ditengah padatnya latihan untuk kejuaraan. Diantarannya mengikuti organisasi sekolah seperti OSIS. Saat ditanya harapan, Adel berharap bisa mengharumkan Indonesia di kancah Internasional dan mengharumkan club JTS dan tentunya mengharumkan sekolah.
Diakhir dialog, Adel memiliki rahasia membangun seni memotivasi. Membangun motivasi pada diri sendiri. “Motivasi terbesar itu dari diri sendiri, mengingat bertahan sampai detik ini memang sulit, nggak segampang yang dilihat oleh orang lain,” pesannya diakhir percakapan. (Elisa)

Prestasi
1.    Juara 3 IXTU – D Under 40KG Putri FE Cup 2 UPY Tingkat pelajar se-DIY, 2016
2.    Juara 3 junior under 41Kg putri, Jepara tingkat Nasional, Maret 2016
3.    Juara 3 junior under 42kg putri,  Bekasi CUP  tingkat Nasional, 2016
4.    Juara 3 junior under 42kg putri bupati Sleman Cup tingkat Nasional, 2016
5.    Juara 2 Kyorugi putri junior under 44kg DK Sengkan tingkat Nasional, 2017
6.    Juara 1kyorugi junior under 44kg putri Bupati Sleman Cup 2 tingkat Nasioonal 2017
7.    Juara 1 kyorugi junior under 44kg putri batik cup Internasional 2, 2017
8.    Champion 1 female junior U-44kg pakualam cup internasional Taekwondo championship, 2017
9.    Champion 2 female junior U-46kg 12th CK Classic International Open Taekwondo Championship Malaysia, 2018.
10.  Juara 1 kyorugi junior under 46kg kejurnas piala kadin cup 2, 2018

Dipublikasikan Tabloid BIAS, Edisi 2, 2018


Adela Oktaviannisa Krisna A Tekuni Taekwondo Antar Adel Go Internasional Sejak SMA Adela Oktaviannisa Krisna A Tekuni Taekwondo Antar Adel Go Internasional Sejak SMA Reviewed by aquaphonik mulyo on Thursday, February 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.