AKSIOMA 2017 : Semarak Pesta Pelajar Menyambut AKLE


AKLE  adalah sebuah ajang kompetisi yang di selenggarakan dari pihak Kementrian Agama (kemenag)  baik Kemenag pusat maupun kemenag daerah. Pada kesempatan kali ini, AKLE diselenggarakan oleh Kemenag pusat yang biasa dikenal kemenag RI. Karena perlombaannya tingkat nasional. Diikuti seluruh siswa dan siswi baik dari MI, MTS dan MA se-Indonesia.  Alhamdulillah, tahun 2017 ini provinsi DIY khususnya kota Jogjakarta menjadi tuan rumah ataupun sebagai tempat ajang bertanding para kontingen di seluruh wilayah Nusantara.
Foto: Hanifa Noor
Para kontingen Berdatangan dari seluruh Indonesia. Salah satunya  Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari beberapa para  kontingen DIY , daintaranya ada yang berasal dari MAN 2 Yogyakarta. Mengikuti cabang lomba tenis meja tunggal putri, madrasah singer putri, bulu tangkis tunggal putri, tilawah putri dan 2 orang pemain futsal.
AKLE merupakan nama singkatan dari Aksioma KSM LKTI dan  Ekspo madrasah. Acara tersebut diawali dengan acara pembukaan yang diadakan di stadion Mandala Krida pada Senin malam tanggal 7 Agustus 2017 dan dihadiri 10.000 siswa, 1.000 guru dan beberapa kontingen dari beberapa provinsi yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.
Serangkaian acara pembukaan diawali dengan wiwitan Agung yaitu do'a bersama dilanjutkan makan tumpeng bersama harapannya agar  acarnya berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir acara. Acara kedua para kontingen melakukan festival menggunakan baju daerahnya masing-masing dari UIN Sunan Kalijaga menuju ke Mandala Krida. Pada saat di Mandala Krida acara resmi dibuka oleh kepala Kemenag RI dilanjutkan dengan pertunjukan- pertunjukan dari Madrasah-madrasah yang sudah terpilih untuk tampil. Pertunjukan-pertujukan dari siswa madrasah salah satunya pertunjukan tari kolosal. Para personel tari kolosal berasal dari perwakilan siswa MTS Dan MA se Kota Yogyakarta. Ada beberapa personel tari kolosal yang berasal dari MAN 2 Yogyakarta sekitar 50 orang. Ada juga tausiyah dari Cak Nun dan pertunjukan band Letto. Semua yang hadir mengikuti acara pembukaan AKLE nasional 2017 menyambut dengan suka cita.
Selama serangkaian acara lomba berlangsung, para siswa khususnya siswa MAN 2 Yogyakarta mendukung alias menjadi supporter  para kontingennya ketika berlaga di Medan pertempuran. Dari pihak MAN 2 Yogyakarta para siswa dibagi dengan rata mendukung para kontingen- kontingennya. Kelas 10 mensupport bulu tangkis putri, kelas 11 mensupport tenis meja tunggal putri, sedangkan kelas 12 mensupport para kontingennya di lapangan futsal pada hari yang sama (Jum'at, 10 Agustus 2017). Sedangkan madrasah singer putri disupport kelas 12 MIPA 3 ditambah anak-anak eksterakulikuler KIR ( Karya Ilmiah Remaja) dan tilawah putri disupport dari kelas 11 IIK pada hari Kamis, 9 Agustus 2017). Para kontingen berlaga selama 4 hari mulai dari tanggal 7 Agustus 2017 hingga 10 Agustus 2017).
Foto: Hanifa Noor
Setelah para kontingen berlaga, selanjutnya memasuki zona deg-degan. Ataupun acara penutupan sekalian acara pembacaan para pemenang lomba.  Acara penutupan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia (Indonesia Rayaa) Dan Mars Madrasah. Dilanjutkan dengan penutupan, yang ditutup oleh Kemenag RI. Kemudian pembacaan para juara oleh ketua dewan hakim. Selanjutnya pertunjukan-pertujukan pemenang madrasah singer putri yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Hani Setyoningsih dari MAN 2 Yogyakarta. Dan Alhamdulillah berdasarkan keputusan dewan Hakim Provinsi DIY dinobatkan menjadi Juara Umum AKSIOMA 2017. Diantara para juara tersebut, Alhamdulillah MAN 2 Yogyakarta meraih 2 medali emas dan 2 medali perak. Dengan cabang lomba Juara 1 madrasah singer putri, Juara 1 tenis meja tunggal putri dan  2 orang sebagai Juara 3 futsal. Dan 2 orang kontingen dari MAN 2 Yogyakarta belum diberi kesempatan menang oleh Allah. Mungkin Allah mempunyai rencana terbaik untuk mereka berdua. Karena Menang dan kalah itu hal biasa. Lihatlah proses dari awal ia harus menata, jatuh bangun hingga ia dapat berdiri sendiri dengan kokohnya. Seperti pepatah Barang siapa bersungguh-sungguh , dia àkan berhasil atau sukses. Sukses terus buat kita semua!!! (Hanifa Noor)
Dipublikasi di Tabloid BIAS, Edisi 2, 2017
AKSIOMA 2017 : Semarak Pesta Pelajar Menyambut AKLE AKSIOMA 2017 : Semarak Pesta Pelajar Menyambut AKLE Reviewed by aquaphonik mulyo on Saturday, December 29, 2018 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.