google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html TERTAWA MENGHINDARIKAN TUBUH DARI PENYAKIT - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

TERTAWA MENGHINDARIKAN TUBUH DARI PENYAKIT



Pemicu timbulnya stress adalah gangguan psikologis. Gangguan psikologis ini bisa berbentuk tekanan yang menganggu pikiran. Pada dasarnya, ada tiga gangguan utama yang memicu timbulnya stress, yaitu pengaruh lingkungan, badan dan pikiran. Stress menjadi perbincangan yang cukup menarik, terutama dikota-kota besar dan padat penduduk, seperti Ibu Kota Jakarta. Stress ternyata mampu dihilangkan dengan cara terapi tawa. Pernah mendengar terapi ini?.
Belakangan ini banyak acara televisi yang menyuguhkan tontonan yang membuat para orang tertawa (kurang lebih yang menghibur), tidak mempedulikan acara yang ditayangkan layak atau tidak layak, penonton persetan dengan hal itu. Bagi orang-orang yang tinggal dikawasan padat penduduk akan memanfaatkan itu sebagai hiburan dan penghilang stress, salah satunya hanya agar bisa tertawa. Tertawa membantu mengurangi stress sebanyak 69,5%.
Adapun manfaat terapi tertawa seperti mengurangi kecemasan dan perasaan depresi sebesar 9,5%. Maningkatkan interaksi sosial sebesar 75%, coba perhatikan orang disekitar kita yang murah senyum dan memiliki humor yang tinggi (mampu mengajak orang lain turut tertawa), orang bertipe seperti ini mereka memiliki banyak teman, bukti interaksi sosial yang sangat baik. Sekalipun teman kita memiliki masalah, meskipun terpaksa tersenyum bisa membuat denyut nadi tetap stabil dan bisa mengurangi stress. Tertawa membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar tetap sehat.

Orang yang suka tertawa bahkan terlihat awet muda dari usia yang sebenarnya. Jika mengamati, ada perbedaan di daerah sudut bibir. Orang yang suka tertawa, tetapi suasana hatinya tidak bagus, dari gaster terlihat tidak terlalu ketara. Oleh karena itulah mereka sering dilihat seolah tidak memiliki masalah kehidupan.
Manfaat terapi tertawa selain menghilangkan stress, ternyata mampu menyembuhkan penderita Jantung. Salah satu penelitian yang dilakukan olah Standford University, California menyebutkan bahwa tertawa terpingkal-pingkal selama 20 detik mampu memperkuat jantung. Jika suka memperhatikan dilingkungan sekitar, probabilitas penderita jantung karena mereka susah untuk tersenyum atau tertawa. Mungkin inilah yang menyebabkan otot jantung tidak bekerja secara normal, karena jantung seperti tubuh kita, perlu yang namanya olahraga.
Apa hubungan tertawa mampu menyembuhkan beberapa gangguan stress dan jantung? Saat kita tertawa pembuluh darah melebar, disinilah oksigen masuk melalui pembuluh darah, masuk ke otak, yangmana otak berada pada gelombang zero mind (titik nol), kemudian sel tubuh akan mendapatkan nutrisi. Ketika nutrisi cukup bagi tubuh, maka kekebalan tubuh akan meningkat.
Sehat itu mudah, yang susah adalah enggan melakukan perubahan yang tidak pernah tertawa menjadi mudah tertawa. Jika sehat dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah,kenapa memilih mahal dan menyakitkan. Toh, tertawa selain menyehatkan diri sendiri, juga bermanfaat bagi orang lain (jika kita mampu membuat mereka tertawa). Tertawalah pada takaran yang normal, karena terlalu banyak tertawa akan mengeraskan hati kita.

Referensi :
Tawa Sebagai Pendekatan Holistik
TERTAWA MENGHINDARIKAN TUBUH DARI PENYAKIT TERTAWA MENGHINDARIKAN TUBUH DARI PENYAKIT Reviewed by Elisa ELisa on Thursday, January 23, 2014 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.