google-site-verification: google99d00c1a52e95c01.html Hilangkan Depresi dengan Katarsis - Dunia Imajinasi dan Inspirasi

Hilangkan Depresi dengan Katarsis



Katarsis, Apasih katarsis itu?.

Ternyata katarsis itu sangat bermanfaat. Katarsis dapat menghilangkan tingkat depresi pada seseorang. Istilah katarsis pertama kali gunakan oleh sigmund freud dalam melakukan asosiasi bebas. Digunakan dalam melakukan proses menterapi seseorang.

Dalam proses terapi inilah kliyen atau  seseorang disuruh untuk menceritakan semua yang menganjal di dalam hatinya. Semacam pengeluaran ekspresi kekecewaan, kesedihan, kebahagiaan dan sebagainya. Katarsis bisa disebut juga sebagai pembersihan diri.

Nah loh… apa manfaatnya katarsis?. Bagi yang sudah punya anak, keponakan pancing mereka untuk menceritakan yang terjadi hari ini. lakukan ajang share kepada mereka. Selain melatih anak mengungkapkan pendapat dan melatih komunikasi. Tanpa tidak sadar mereka sudah melakukan katarsis (pembersihan diri).


Anak yang terbiasa melakukan katarsis ternyata sangat membantu  ia mudah menyerap saat pelajaran. Anak akan fokus dengan dunia pendidikannya. Misalnya guru sedang menerangkan, anak akan mendengarkan. Karena di dalam  kognisi otaknya sudah tidak ada beban pikiran masalah keluarga, pacar, tema-teman di sekolah maupun teman-teman sepermainan. Maka input yang di dapat lebih besar dari anak-anak pada umumnya.

Orang yang mengalami kesulitan menyerap materi pelajaran disebabkan karena di dalam kognisi mereka banyak permasalahan yang menganggu pikirannya. Sehingga input yang didapatkan tisak seoptimal mereka yang biasa melakukan katarsis.

Nah.. kasus yang sekarang beredar adalah adannya status geseh dan lebay. Di sisi lain baik bagi si punya status, karena dia cenderung berpotensi besar terhindar dari gangguan psikologis.  Berbeda dengan mereka yang tidak mampu mengungkapkan permasalahan yang sebenarnya terjadi pada dirinya. Alias, pikirannya sering mengalami tekanan-tekanan.  Dalam jangka panjang akan menyebabkan penyakit histeria, atau gangguan jiwa. (elisa)
Hilangkan Depresi dengan Katarsis Hilangkan Depresi dengan Katarsis Reviewed by Elisa ELisa on Friday, November 16, 2012 Rating: 5

No comments:

Sahabat

Powered by Blogger.